Ganti Rektor, Ansar Minta Uniba Lahirkan Tenaga Ahli dan Pengusaha Baru

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menghadiri Pelantikan Rektor Universitas Batam yang baru di Rumengan Hall Universitas Batam, Selasa (9/9/2022).

Pergantian ini dari Chablullah Wibisono ke Yuliansyah. “Kepada Bapak Chabullah Wibisono teruslah berkarya menjadi lebih baik dan mari bangun kepri sesuai dengan potensi yang kita miliki dan selamat kepada Bapak Yuliansyah lakukan karya terbaik dan tingkatkan Uniba menjadi akreditasi unggul,” kata Ansar.

Sebelumnya, Gubernur Ansar menyampaikan tentang bonus demografi serta segala potensi Kepri. Peran universitas untuk kemajuan daerah sangat besar. Pemerintah butuh partner untuk berdiskusi dan berkolaborasi melihat potensi ini dari sisi akademis untuk rujukan ke pusat sehingga daerah diberikan kewenangan lebih, misalnya seperti labuh jangkar, logistik dan lainnya.

Civitas Akademi diajak untuk bersama menyusun ekosistem pendidikan yang link match dengan dunia usaha di Batam. Sehingga apa yang dipelajari di Perguruan Tinggi bisa diimplementasikan di dunia usaha.

“Bapak rektor fasilitasi dan susun rencana link match ekosistemnya biar nanti kita diskusikan dan kita tawarkan ke dunia usaha,” ucapnya.

Uniba juga diharapkan bukan hanya sebagai institusi pendidikan yang mencetak tenaga ahli yang siap kerja. Namun juga melahirkan para pengusaha baru yang ikut mendorong kemajuan Kepri.

Tugas pendidikan ke depan jelas Ansar ada dua tugas besar yaitu bukan hanya transfer knowledge tapi juga transfer behaviour. Yaitu pendidikan harus berlandaskan pada iman dan taqwa sehingga generasi yang terbentuk menjadi generasi yang berkarakter.

“Mahasiswa adalah penentu nasib bangsa ini kedepan. Maka saya akan terus berikan dukungan ke semua universitas yang ada di Kepri sehingga berkontribusi membangun kepri menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Turut hadir Kepala L2DIKTI Wilayah 10 Afdalisa, Ketua Yayasan Griya Husada Rusli Bintang, Ketua Senat Uniba Soerya Respationo, Para Wakil Rektor, Dekan serta Dosen UNIBA, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepri Luki Zaiman Prawira, OPD Provinsi dan staf khusus Gubernur. (zah/masjai)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...