free page hit counter

Asyik, Mulai 2023 Bisa Nonton MotoGP di Sokol International Racetrack Kazakhstan

Loading...

Suarasiber.com – Sejumlah negara membangun fasilitas balap untuk menyeramakkan motoGP. Jika di Indonesia ada Mandalika, pada 2023 mendatang Kazakhstan juga bakal bisa menyelenggarakannya.

FIM sudah mengumumkan akan menggelar balapan di Kazakhstan mulai tahun 2023. MotoGP pun sudah teken kontrak lima tahun menyelenggarakan di sana.

Nama sirkuitnya ialah Sokol International Racetrack. Disampaikan MotoGP dalam keterangan resminya, lokasinya di luar kota terbesar di Kazakhstan, Almaty, Sokol adalah kompleks motorsport baru yang dibangun di jantung Asia Tengah.

“Wilayah ini akan menjadi pitstop baru untuk MotoGP karena olahraga ini terus berkembang di seluruh dunia, terlibat dengan pasar dan basis penggemar baru,” tulis MotoGP, Selasa (27/9/2022), melansir dari detik.com.

Jika dihitung sejak 1949, Kazakhstan adalah negara ke-30 yang menjadi ruan rumag Grand Prix. Sedangkan Sokol International Racetrack akan menjadi tempat ke-74 untuk menjadi tuan rumah kelas utama Grand Prix.

Kawasan Timur Tengah juga bakal bertambah. Jika sebelumnya hanya ada Qatar, maka ada kabar jika MotoGP juga bakal dilaksanakan di Arab Saudi.

Bahkan sudah ada penandatanganan MoU antara Dorna Sports dan Saudi Motorsport Company (SMC).

Negara di Asia lainnya yang kepincut untuk menyelenggarakan MotoGP ialah India. Federation of Motor Sports Club of India (FMSCI) dikabarkan media lokal, 20 September lalu, berencana menjadikan Sirkuit Internasional Buddh di Delhi sebagai tuan rumah MotoGP 2023. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...