free page hit counter

Canggih, Petani Ikan di Bintan Dibuatkan Aplikasi

Loading...

Suarasiber.com – Pemkab Bintan tak lelah menciptakan inovasi untuk berbagai kebutuhan masyarakat. Tak ketinggalan, petani atau pembudidaya ikan pun bisa merasakan sentukan teknologi.

Melalui Dinas Perikanan, Pemkab Bintan meluncurkan aplikasi Si Ikan (Sistem Informasi Perikanan Bintan). Si Ikan dibuat karena pemerintah melihat potensi perikanan di wilayah ini sangat terbuka.

Peluncuran Si Ikan dilakukan oleh Pj Sekda Bintan Rony Kartika, di Ruang Rapat Dinas Perikanan Kabupaten Bintan, Kamis (18/8/2022).

“Pembudidaya akan mendapatkan banyak manfaat yang luar biasa. Salah satunya ketika proses pemasaran tidak berjalan secara stabil atau mengalami penurunan, maka Dinas Perikanan akan memberikan evaluasi dan pembinaan dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi,” sebut Rony.

Senada dengan Pj Sekda, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan meminta aplikasi ini segera disosialisasikan secara terstruktur.

“Baik ke internal jajaran pemerintah, serta lapisan masyarakat,” arahan Roby.

Roby pun memiliki keinginan kelak Si Ikan akan menjadi wadah bagi pembudidaya ikan untuk menjual ikan segar maupun produk olahan ikan secara online.

Saat ini, Si Ikan berisi informasi mengenai data-data pembudidayaan ikan yang ada di Kabupaten Bintan. Baik berupa persebaran budidaya ikan serta data terstruktur mengenai turun naiknya tingkat pemasaran bagi setiap pembudidaya ikan.

Pemerintah pun bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai database pembudidaya ikan secara akurat. Hal ini memudahkan identifikasi dan meminimalisir data ganda. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...