Mahal! Korlantas Usul Balik Nama Kendaraan Bermotor Digratiskan

Loading...

Suarasiber.com – Mahalnya biaya balik nama kendaraan bermotor (BBN2), membuat banyak pemilik kendaraan enggan mengurus prosesnya. Salah satu efeknya adalah menyulitkan pendataan.

Karenanya Korlantas Polri mengusulkan agar biaya balik nama tersebut digratiskan. Usulan tersebut sudah disampaikan ke Pemda.

“Kita mengusulkan ke pemerintah daerah apa enggak sebaiknya kita BBN2 kita usulkan kenapa enggak dihapus saja,” kata Dirregident Korlantas Polri Brigjen. Pol. Drs. Yusri Yunus, Jumat (15/7/2022).

Menurut jenderal bintang satu itu, usulan itu diajukan untuk meningkatkan kesadaran pemilik kendaraan. Agar mengubah nama sesuai pemiliknya.

Meski demikian, Yusri menyebutkan penggratisan itu masih berupa usulan. Dan, untuk kepastian diterapkan atau tidak, tergantung dari kebijakan Pemda masing-masing.

“Mengusulkan untuk kebaikan kita bersama, biar datanya bagus yang ada di single data,” jelas mantan Kapolres Tanjungpinang ini.

Yusri usulan penggratisan ini disampaikan karena masih banyak pemilik kendaraan yang menggunakan identitas orang lain untuk data kendaraannya.

Dicontohkannya ketika seseorang yang membeli mobil dari orang lain, acap kali tidak akan mengubah data kepemilikannya. Sehingga, data pemilik kendaraan itu masih atas nama penjual.

Padahal pembeli memiliki kewajiban untuk mengubah data kepemilikan kendaraan tersebut.

Namun kerap tidak berjalan lancar. Sebab banyak kasus pemilik mobil enggan mengubah data kepemilikan karena cukup mahal.

“Nah itu masalahnya, makanya saya usulkan supaya data ini bagus, dan orang-orang wajib pajak ini semuanya mau taat.

Polisi juga enaknya pada saat ditilang sudah dibeli motor saya terus langsung balik nama karena balik namanya tadinya mahal. Orang yang enggak bayar pajak sekian tahun karena takut balik namanya mahal,” tuturnya. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...