Jet Tempur Amerika Terlempar dan Meledak di Atas Kapal Induk USS Harry S. Truman

Loading...

Suarasiber.com – Sebuah jet tempur Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) jenis Boeing F/A-18 Super Hornet meledak tiba-tiba di atas dek kapal induk USS Harry S. Truman (CVN-75), saat berada di atas Laut Mediterania.

Insiden yang terjadi pada Jumat (8/7/2022) ini meledak ketika kapal induk mengisi bahan bakarnta, demikian dilansir suarasiber.com dari Navy Times, Senin (11/7/2022).

Dalam laporannya, Navu Times menyebutkan tak ada korban jiwa, namun seorang prajurit TNI AL mengalami luka ringan. Kondisinya dalam kondisi stabil dan diperkirakan akan segera pulih dari cedera.

Saat itu, cuaca sedang hujan lebat disertai angin kencang. Pesawat tempur yang diparkir di atas kapal terlempar kemudian meledak.

Kapal Induk Harry S. Truman dikerahkan ke Armada ke-6 Angkatan Laut Amerika Serikat yang bermarkas di Naples, Italia, sejak Desember 2021 lalu.

Aktivitas ini merupakan bagian dari peningkatan pasukan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces) di Eropa. Kedatangan kapal ini pun meningkatkan kekuatan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), di tengah ketegangan dengan Rusia.

Tiga pekan sebelum Rusia menginvasi Ukrania, kapal induk ini telah mengikuti latihan gabungan dengan negara-negara NATO pada awal tahun 2022.

Peningkatan pasukan militer Amerika di Eropa mengundang reaksi Presiden Rusia, Vladimir Putin. Bahkan pekan lalu, ia menyampaikan pernyataan terbuka kepada Amerika dan sekutunya di NATO untuk perang terbuka. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...