540 Lakalantas Darat di Kepri Selama 2021, Salah Satu Pemicunya Main HP Saat Berkendara

Loading...

Suarasiber.com – Pemprov Kepri dan Polda Kepri akan bersinergi menyosialisasikan imbauan kepada masyarakat untuk bijak menggunakan ponsel saat berkendara.

Memulai langkah tersebut, Pemprov Kepri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika dan Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kepri menyelenggarakan Group Discussion (FGD) dengan tema Stakeholder Lalu Lintas dan Angkutan Jalan guna menjamin terlaksananya pelayanan masyarakat pada Era Transisi Pandemi menuju Endemi tahun 2022.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Best Western Panbil, Batam, Senin (25/7/2022).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau, Hasan Ssos yang menjadi narasumber menyebut dampak negatif ponsel. Termasuk menyumbang angka kecelakaan laulintas darat.

“Hal ini harus tangani secara bersama-sama,” gagas Hasan.

Mengutip data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau terdapat 1.073.710 unit kendaraan bermotor dan berdasarkan DataIndonesia. id terdapat 103.645 kasus kecelakaan lalu lintas darat.

Data Polda Kepri juga mencatat terdapat 540 kasus kecelakaan lalulintas darat di Kepri pada tahun 2021.

Berdasarkan data tersebut, salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan tersebut disebabkan beralihnya fokus pengemudi pada saat mengendarai kendaraan karena menggunakan smartphone saat mengemudi.

Hasan dengan tegas mengimbau pengendara kendaraan bermotor tidak berkomunikasi dengan ponsel saat berkendara.

Untuk mendukung sinergitas ini, kata Dia, Diskominfo Kepri akan hadir menjadi pelopor mengimbau masyarakat.

“Kami akan mengimbau dalam bentuk edukasi dan sosialisasi. Bisa melalui tulisan, info grafis dan video grafis yang terpampang di videotron milik Diskominfo yang tersebar di beberapa titik,” kata Hasan. (mit/zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...