Kemenag Anambas dan Natuna Terlibat Rukyatul Hilal Penetapan Idul Adha 1443 H

Loading...

Suarasiber.com – Tim Hisab Rukyat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas melakukan rukyatul hilal dalam penetapan jatuhnya 1 Zulhijah 1443 H.

Tim dipimpin Kasi PHU, Muslimin Can yang dibantu tim dari Bidang Kesra, BMKG, PA. Kegiatan di Masjid Agung Baitul Ma’mur Anambas, Rabu (29/6/2022) ini juga dihadiri Kakankemanag Anambas, Dr H Erizal.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan bahwa saat ini wujud hilal tidak bisa terlihat dikarenakan kondisi cuaca pada saat melakukan rukyatul hilal dalam kondisi berawan. Adapun kondisi hilal Azimut matahari 292º14’05” Azimut bulan 296º50’44”.

kemenag natuna vjhg579h
Tim Hisab Rukyat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna melakukan rukyatul hilal dalam penetapan jatuhnya 1 Zulhijah 1443 H. Foto – kemenag kepri

Selain di Anambas, kegiatan yang sama juga dilakukan di Natuna. Tim dari Kemenag setempat melakukan rukyatul hilal di Tanjung Datuk Desa Teluk Buton Kecamatan Bunguran Utara.

Kepala seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna Muhd.Sabirin, SHI, mengatakan bahwa pelaksanaan rukyatul hilal 1 Dzulhijjah ini adalah salah satu tupoksi dari Kementerian Agama RI.

Hasil pemantauan hilal di Tanjung Datuk tidak terlihat karena keadaan cuaca di sekitar ufuk berawan.

Hasil sidang isbat Kementerian Agama RI menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada Jumat 1 Juli 2022. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...