free page hit counter

Lia Salon, Gembong, Didirikan Berbekal Ilmu 12 Tahun Bekerja di Riyadh

Loading...

Suarasiber.com – Setinggi apapun gaji yang diterima di negara orang, masih muncul keinginan untuk bisa mandiri di negeri sendiri.

Kisah ini tentang Susi Sisyati, pemilik Lia Salon yang berlokasi di Bunton, sebelah utara Jembatan Sentul, Bageng, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Dalam wawancara dengan suarasiber.com, Sabtu (16/4/2022), Susi mengaku ilmu di bidang persalonan diperolehnya selama 12 tahun bekerja di Riyadh.

Berangkat sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI), ia kemudian mengambil kursus kecantikan di Ibu Kota Negara Arab Saudi tersebut.

Sisyati dan karyawan
Susi Sisyati bersama karyawan salonnya, Niken Sholehah Lusiana. Foto – lia salon

“Saya berpikir, kalau hanya bekerja sebagai pembantu rumah tangga, apa bisa saya gunakan ilmunya nanti kalau pulang ke Indonesia. Dari pemikiran itu saya kursus sehingga bisa bekerja di salon di Riyadh,” ungkap Susi.

Sejak saat itulah hingga 12 tahun kemudian ia bekerja di sebuah salon kecantikan di sana.

Tahun 2019, ia pulang kampung bersama suaminya lalu membuka Lia Salon. Bukan pekerjaan mudah untuk membuka salon di kampung.

“Kala itu saya masih menggunakan peralatan inti, lalu saya lengkapi seiring perkembangannya,” ujar Susi.

Kerja kerasnya berbuah manis, selain tetangga kampung dan warga Kecamatan Gembong, tak sedikit pelanggannya dari Pati dan Kudus.

Kini Lia Salon mempekerjakan seorang karyawan yang bisa dipercaya.

Salon kecantikan ini melayani hampir semua kebutuhan wanita yang datang. Mulai potong rambut, creambath, rebonding, smoothing, colouring, facial sampai body spa.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, Susi masih sering turun sendiri membantu karyawannya.

Dengan ruangan yang nyaman, berpendingin udara, Susi berharap pelayanan yang diberikan salonnya dirasakan oleh pelanggan.

sisyati riyadh
Susi Sisyati saat masih bekerja di sebuah salon kecantikan di Riyadh, Arab Saudi. Foto – susi sisyati

Salon ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. “Kecuali saya ada keperluan yang memang mendesak, saya tutup. Tetapi saya sampaikan sebelumnya ke pelanggan,” ujarnya.

Selain menerima konsumen atau pelanggan di salon, Susi juga melayani jasa panggilan di rumah pelanggan. Misalnya untuk merias pengantin dan sejenisnya.

Hanya saja, untuk jasa rias atau salon panggilan ini khusus untuk wilayah Kecamatan Gembong.

Soal harga, Susi mengatakan semua jasa pelayanan yang disediakannya terjangkau oleh kantong warga.

Nah, kapan bunda atau remaja putri ke Salon Lia? Ditunggu ya. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...