Puspaga Gurindam Kepri Terima Kunjungan Kerja K3S Kampar

Loading...

Suarasiber.com – Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kampar, Riau, melakukan kunjungan kerja ke Unit Layanan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Gurindam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Jalan Ir Sutami, depan Klinik Mata Avicena, Kota Tanjungpinang, Senin (28/3/2022).

Kunjungan dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan antardaerah serta rencana aksi strategis terhadap pengembangan Puspaga di Kampar.

Rombongan K3S dipimpin langsung Ketua TP PKK Kabupaten Kampar, Hj Muslimahwati Catur dengan mengajak 25 orang. Mereka diterima Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak (PHA) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kepri, Andi Kurniawan, SKM MPH, yang mewakili Kadis.

Andi Kurniawan menyambut hangat kunjungan K3S Kampar. Pada pertemuan ini dibicarakan program dan layanan yang telah dilaksanakan oleh Puspaga Gurindam Kepri.

“Kegiatan promotif dan preventif yang kami lakukan selama ini setidaknya mampu membantu pemerintah menekan laju angka perceraian, pernikahan dini, kekerasan terhadap perempuan dan anak serta ikut mendorong Percepatan Penurunan Stunting (PPS),” ujar Andi.

Hal itu juga sesuai dengan amanah Perpres Nomor 72 Tahun 2021 Tentang PPS.

Pada kesempatan yang sama, Konselor dan Tenaga Ahli Puspaga Gurindam Kepri, Sudirman Latief memaparkan implementasi program yang berjalan selama ini.

Program ini menyasar orang yang bertanggung jawab terhadap anak, anak, calon orang tua dan orang tua/wali dengan protokol layanan berbentuk sosialisasi, konsultasi, konseling, rujukan dan penjangkauan yang mengedepankan kesehatan, keamanan dan keselamatan.
Secara rinci, kegiatan yang dimaksud meliputi Sembang Keluarga (Sekar), Mencari Jawaban Bersama Guru (Meja Baru), Podcast Keliling (Poling) dan Keluarga Harmonis (Kelar).

Sebagian besar kegiatan dikemas dalam 3 bentuk pelatihan keluarga yakni Pelatihan Pelopor dan Pelapor (2P), Pelatihan Pra Nikah dan Pelatihan Single Parent.

Selain pelayanan dalam gedung, Puspaga Gurindam juga menerapkan pelayanan luar gedung agar langsung menyentuh sasaran. Baik ke peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), komunitas dan lintas sektor lainnya dalam rangka memperkuat akses dan peningkatan kualitas layanan yang lebih adaptif, inovatif dan komprehensif.

Sementara Hj Muslimahwati Catur berharap ke depan Pemkab Kampar bisa merealisasikan pelayanan seperti dilakukan Puspaga Gurindam Kepri.

Sebelum pamit, ia mengundang Puspaga Gurindam dan LK2S Kepri untuk melakukan kunjungan balasan ke Kampar.

“Kami yakin banyak warga Kampar merantau dan menetap di Kepri. Bukan tidak mungkin kunker kali ini menguatkan kembali silaturahmi antara warga Tanjungpinang, Kampar dan Kepri,” ungkap Hj Muslimahwati. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...