Usai Belajar ke Banyuwangi, Roby: Kita Optimis MPP Bakal Ada di Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan merasa optimis untuk menghadikan Mall Pelayanan Publik (MPP) usai belajar dari Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (7/2/2022).

Pada hari itu Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajak bupati dan wali kota di Kepri untuk studi banding tentang Mall Pelayanan Publik di Banyuwangi.

Mall Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi menjadi langganan juara yang dinilai oleh pemerintah pusat dalam IGA.

Di Banyuwangi, Roby pun banyak berdiskusi dengan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani serta pengelola MPP.

Kunjungan itu dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Roby. Ia meninjau semua aspek pelayanan yang tersedia di Kabupaten Banyuwangi.

Ia mengatakan inilah implementasi dari reformasi birokrasi yang akan memberi kenyamanan serta kemudahan pada masyarakat.

“Sebuah mekanisme yang luar biasa. Pada prinsipnya kita siap belajar dan selalu belajar untuk membenahi semua bentuk pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” kata Roby.

Pulang dari Banyuwangi, Roby akan melakukan kajian mendalam guna efektifitas alur pelayanan ini nantinya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Pemkab Banyuwangi dengan MPP-nya juga bisa diterapkan di Bintan. Tanpa melupakan kajian mendalam sebelumnya.

“Kita Ketahui bersama, wilayah Kabupaten Bintan disominasi lautan berpulau. Semoga apa yang kami dapatkan menjadi referensi nantinya untuk menghadirkan penerapan pelayanan publik yang lebih baik,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Kabupaten Banyuwangi merupakan daerah pertama di Indonesia yang memiliki Mall Pelayanan Publik. Uniknya, MPP Banyuwangi menggunakan gedung lama yang lebih 7 tahun tak berfungsi dan disulap menjadi pusat pelayanan publik.

Tempat ini melayani 199 jenis pelayanan yang terintegrasikan dari 23 Instansi Pemerintahan, BUMN maupun Lembaga di Kabupaten Banyuwangi.

Diantaranya layanan perizinan usaha berbasis risiko melalui sistem Online Single Submission (OSS), administrasi kependudukan, paspor, layanan Kementerian Agama, layanan Kepolisian, layanan BPJS Kesehatan, layanan BPJS Ketenagakerjaan dan sebagainya. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...