Ini Penilaian Kapolri Usai Meninjau Bandar Bentan Telani, Lagoi

Loading...

Suarasiber.com – Terkait pelaksanaan travel bubble Batam Bintan – Singapura, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung mengecek berbagai persiapan kebijakan itu di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Rabu (9/2/2022).

Didampingi Ansar Ahmad, Gubernur Kepri dan sejumlah pejabat lainnya, Sigit berkunjung ke pelabuhan Bandar Bentan Telani di Lagoi.

Sigit dengan teliti mengecek satu persatu alur yang akan dilalui oleh para wisman. Sejak dari tes swab pcr setibanya wisman di pelabuhan BBT, pengambilan blue pass, pengecekan suhu badan, hingga proses check-in aplikasi peduli lindungi melalui QR Code.

Setelah melakukan pengecekan, Sigit, mengatakan penerapan protokol kesehatan selama travel bubble diterapkan, perlu diseragamkan antara pintu masuk Bintan Resort dan juga pintu masuk Nongsa Point Marina.

Selain itu, penggunaan blue pass bagi wisatawan dan pekerja resort selama berada di dalam kawasan travel bubble dinilai Sigit, sebagai inovasi yang bagus. Untuk melacak pergerakan wisawatan dan para pekerja.

“Saya kira ini bisa dipadukan. Sehingga bisa memperkuat namun di sisi lain tentunya kenyamanan para wisatawan yang datang bisa terjaga,” kata Sigit.

Sigit juga mengarahkan, agar pergerakan keluar masuk wisatawan mancanegara di dalam kawasan travel bubble selalu dipastikan dalam pengawasan.

Untuk itu Sigit menekankan agar penggunaan aplikasi pedulilindungi dan blue pass supaya dimaksimalkan.

“Tempat-tempat yang tingkat interaksinya tinggi harus kita pastikan sterilitasnya selalu terjaga. Maka seluruh tamu dan wisatawan dalam kondisi yang sehat,” tambahnya.

Sigit menilai secara umum pelaksanaan persiapan travel bubble di Bintan sudah bagus.

“Hanya ada beberapa upaya peningkatan terkait dengan menyakinkan bahwa prosedurnya berjalan dengan baik.

Melakukan disinfektan di tempat-tempat yang berpotensi terjadi kerumunan dan di tempat yang berpotensi terjadi transmisi. Agar dilaksanakan dengan SOP yang sudah ada,” ujar Sigit

Sigit yakin melalui skema travel bubble Batam-Bintan-Singapura akan berdampak baik bagi pengembangan ekonomi pariwisata. Sekaligus memastikan penularan virus Covid-19 dapat dicegah seminimal mungkin. (machfut)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...