Ansar Bercita-cita Wujudkan Kekuatan Desa Berbasis Ekspor

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan pihaknya akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak. Hal ini disampaikan saat pengukuhan Dewan Pengurus Daerah Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPD HA IPB) Kepri Masa Bakti 2021-2025 di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Sabtu (12/2/2022).

“Nantinya kita akan berkolaborasi tidak hanya dengan IPB, namun juga dengan seluruh universitas di Kepri dengan menggandeng para rektor, juga dengan OPD, perangkat di desa, para petani, dan stake holder yang lain,” ucap Gubernur Ansar.

Dijelaskannya, Kepulauan Riau yang berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I berbatasan dengan lima negara tetangga adalah posisi yang strategis.

“Tinggal bagaimana kita bersama-sama bekerja dan berfikir keras, untuk itu diperlukan sejumlah inovasi,” ujar Ansar.

Menyinggung IPB, Ansar alumninya di Kepri dapat memberikan kontribusi besar. Sebelumnya dilakukan penandatanganan MoU dengan Rektor IPB Arif Satria.

Gubernur Ansar juga mengucapkan selamat kepada Pengurus DPD HA IPB Kepri yang baru dikukuhkan. Ia berharap dengan kolaborasi yang akan dilaksanakan, desa-desa di Kepri memiliki kekuatan ekonomi serta memiliki basis ekspor.

Keynote speaker di acara ini adalah Rektor IPB Arif Satria dan Rektor Umrah Agung Dhamar Syakti.

Dalam pidatonya, Rektor IPB Arif Satria memaparkan 3 Disrupsi di era saat ini, yaitu perubahan iklim, revolusi industri 4.0, dan pandemi covid 19.

“Ketiga disrupsi tersebut melahirkan model ekonomi masing-masing Green/Blue Economy, Sharing/Digital Economy, dan terakhir New Normal Economy” paparnya.

Arif juga memaparkan inovasi-inovasi sosial yang digagas IPB antara lain Data Desa Presisi, Sekolah Peternakan Rakyat, Tani Centre, Agribusiness and Technology Park IPB, One Village One CEO, One Village One Innovation, dan Sekolah Pemerintahan Desa.

Sedangkan Rektor Umrah Agung Damar Syakti menyampaikan pidato dengan tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan One Village One CEO di Provinsi Kepulauan Riau’.

Acara juga dihadiri oleh Dirut Bank Riau Kepri Andi Bukhari, Presdir PT Transamudra Indonesia Fathan Kamil, Kepala Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan Fakultas Manajemen IPB Akhmad Fauzi, Pj. Sekdaprov Kepri Eko Sumbaryadi.

Juga Sekjen DPP HA IPB Sukma Kamajaya, Stafsus Gubernur Nazaruddin dan Suyono, dan Kadiskominfo Kepri Hasan serta undangan mahasiswa dari universitas se Kepri baik secara yang hadir langsung maupun daring. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...