BLT Lansia Bintan Enam Bulan Sekali Rp600 Ribu, Cair Juni dan Desember

Loading...

Suarasiber.com – Tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Bintan kembali menyiapkan Rp5,1 miliar untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) lansia.

Terdapat 4.289 lansia yang akan mendapatkan bantuan ini. Penyalurannya dua kali, pada JUni dan Desember.

Kabar ini datang dari Kepala Dinas Sosial Bintan Edi Yusri dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi BLT Lansia, di Aula Kantor Bupati Bintan, Kamis (20/1/2022).

Per penyaluran lansia mendapatkan Rp600 ribu. Dalam setahun Rp1,2 juta.

Pada tahun ini terdapat kenaikan untuk penerima bantuan BLT Lansia. Pada 2021 jumlahnya 4.034 lansia, sedangkan untuk tahun 2022 menjadi 4.289 orang.

Dinas Sosial Kabupaten Bintan juga akan memperkuat kerja sama dengan RT dan RW untuk menyisir lansia, mengevaluasi pendamping lansia serta adanya dokumentasi dan juga saksi yang menyaksikan langsung lansia saat penandatanganan kwitansi.

“Hal ini untuk menghindari data ganda. Artinya yang mendapatkan BLT ini belum menerima program bantuan pemerintah pusat seperti PKH dan sebagainya,” tuturnya.

Sekda Kabupaten Bintan, Drs Adi Prihantara, MM meminta agar Dinas Sosial Bintan, Disdukcapil Bintan dan Diskominfo Bintan untuk dapat memantapkan database dalam penyaluran BLT Lansia di tahun 2022 ini.

Ia juga meminta agar dalam pelaksanaan penyaluran BLT Lansia tersebut, adanya keseragaman persepsi yang dituangkan dalam bentuk aturan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dibutuhkan pentingnya kesamaan persepsi dan formulasi sebelum penyaluran BLT Lansia di tahun 2022 ini,” ujar Adi.

Sekadar informasi, BLT Lansia Pemkab Bintan diluncurkan akhir tahun 2021. Program ini merupakan wujud dari keseriusan Pemerintah Daerah dalam rangka kesetaraan kesejahteraan khususnya bagi kalangan lanjut usia. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...