Betapa Gembiranya Roby Melihat Kebangkitan Petani Milenial Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan gembira dengan anak-anak muda di Bintan yang memilih bertani sebagai profesinya.

“Alhamdulillah hari ini bisa kita saksikan bersama. Kita punya potensi untuk pertanian. Hadirnya petani milenial membuka mata kita, bahwa petani adalah salah satu pekerjaan yang bisa dikelola secara profesional,” kata Roby Kurniawan.

Hal itu disampaikan dengan raut wajah gembira saat mencoba mesin pemipil jagung untuk ternak di Sungai Jeram, Desa Lancang Kuning, Bintan, Utara, Sabtu (8/1/2022).

Apalagi saat Roby mendapatkan penjelasan Ketua Kelompok Tani Milenial Kreatif, Rusdi, soal gagasan ke depan.

Para petani muda di Bintan membutuhkan bantuan dan bimbingan untuk mendiri. Setelah mandiri, bantuan bisa dimanfaatkan untuk kelompok tani milenial lainnya.

“Pemikiran dan gagasan seperti ini yang sangat kami apresiasi,” tambah Roby.

Pada kesempatan ini Roby tak canggung memasukkan jagung yang baru dipanen ke mesin pemipil. Selama ini pakan jenis ini masih didatangkan dari Medan.

Tujuan para petani muda ialah mampu memnuhi kebutuhan pakan ternak sendiri. Bahkan kalau bisa diekspor ke luar daerah.

“Kami ingin mengembangkan potensi pertanian di Bintan. Kami bersemangat karena melihat potensi itu cukup besar,” ujar Rusdi yang berterima kasih dikunjungi Plt Bupati Bintan.

Dijelaskannya, Kelompok Tani Milenial Kreatif dibentuk tahun 2021 dan gerakannya semakin aktif di bidang pertaninan Bintan.

“Selama ini jagung pipil pakan ayam di Bintan dipasok dari Medan dan Jawa. Alhamdulillah sekarang kita penuhi sendiri,” terang Rusdi.

Dengan demikian para peternak ayam mendapatkan keuntungan lebih dengan harga pakan yang terjangkau.

Pada panen yang ke tiga ini, dihasilkan 1 ton jagung di atas lahan seluas satu hektare.

Usai meninjau panen jagung untuk pakan ternak, selanjutnya Roby mengunjungi budi daya lele yang dipijah secara alami dan mandiri, dengan memanfaatkan lahan sisa yang tersedia.

“Ini usaha yang sangat baik. Semua peluang bisa dimanfaatkan dan kita kembangkan,” kata Roby Kurniawan. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...