KasmaRun 2021 Bintan Resorts Sukses Berkat Prokes

Loading...

Suarasiber.com – Program wisata tahunan KasmaRun 2021 di Lagoi Bay, kawasan Bintan Resorts berlangsung sukses berkat protokol kesehatan (Prokes), Sabtu (18/12/2021) sore.

Lomba lari sambil menikmati pesona wisata kawasan internasional Lagoi ini diikuti 200-an peserta, dengan penampilan unik yang mengedepankan kesehatan dan budaya.

KasmaRun ke-7 ini merupakan agenda kedua yang sukses dilaksanakan PT BRC Lagoi, selama masa pandemi Covid-19 tahun 2021. November lalu, PT BRC Lagoi melaksanakan Tropical Bike.

Sama dengan Tropical Bike, KasmaRun 2021 dilaksanakan dengan mengikuti aturan protokol kesehatan yang sangat ketat.

KasmaRun sendiri mulai diluncurkan pada tahun 2014, di lokasi yang sama. KasmaRun identik dengan kegiatan olahraga lari ringan berjarak 5 kilometer di alam terbuka, yang lebih mengutamakan unsur rekreasi, penyegaran, permainan, swafoto dan hiburan yang menyenangkan. Terutama bagi pasangan kawula muda dan keluarga.

“Kalau biasanya dilaksanakan di pengujung tahun. Tapi untuk tahun 2021 ini, dilaksanakan lebih cepat. Karena kemarin itu, informasinya tanggal 24 Desember diberlakukan PPKM Level 3 se-Indonesia,” ujar Abdul Wahab GGM PT BRC Lagoi, di sela kegiatan KasmaRun 2021, Sabtu (18/12/2021).

Untuk teknis pelaksanaan KasmaRun 2021, pihak penyelenggara berkoordinasi dengan Satgas Covid-19, serta pihak kepolisian yaitu Polres Kabupaten Bintan. Justru itu, peserta dibatasi 200 orang.

Kemudian, peserta yang mengikuti KasmaRun 2021, diwajibkan screening Covid-19 dengan Rapid tes GeNose, dua jam sebelum lomba. Peserta yang dinyatakan negatif, yang berhak untuk mengikuti kegiatan.

“Semua peserta negatif Covid-19,” tegas Abdul Wahab.

Pada saat pelepasan peserta, juga dibagi menjadi lima kelompok. Satu kelompok saat pelepasan, terdiri dari 40 orang peserta. Dengan jarak antara peserta lebih dari 1 meter. Pada saat interval pelepasan kelompok yang satu dengan yang lainnya, lokasi start disemprot dengan disinfektan.

Di luar saat masa berlari, peserta diwajibkan memakai masker. Kemudian, panitia juga menyediakan sarana cuci tangan, dan pengecekan suhu.

“Kami berterima kasih kepada pihak kepolisian, Dinas Provinsi Kepri, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, serta semua pihak. Sehingga KasmaRun 2021 ini berlangsung sukses. Itu berkat penerapan Prokes,” ujar Abdul Wahab.

Melalui kegiatan ini, pihak BRC Lagoi tetap mempromosikan aktivitas pariwisata di Kabupaten Bintan, meski di masa pandemi Covid-19. Sekaligus memberikan informasi, bahwa kegiatan pariwisata dijalankan dengan Prokes 5M secara ketat.

Imbas dari kegiatan ini, cukup banyak para peserta yang menginap di kawasan pariwisata internasional ini.

“Itu membuktikan, aktivitas pariwisata di kawasan Bintan Resorts tetap jalan, dengan Prokes yang ketat. Biar mancanegara juga tahu, kalau kita masih ada. Apa yang kami lakukan juga memberikan manfaat bagi ekonomi masyarakat di sekitar kawasan,” terang Abdul Wahab.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Buralimar mengucapkan terima kasih kepada PT BRC Lagoi yang telah menggelar atraksi wisata di akhir tahun ini. Terutama, dalam pelaksanaannya dijalankan dengan penerapan Prokes secara ketat.

“Ya, kita di Kepri ini adalah provinsi pariwisata di Indonesia. Sebelum pandemi, kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri berada di peringkat kedua, setelah Bali. Sekarang, kita bangkitkan lagi wisata Kepri. Semoga pandemi segera berakhir,” ucap Buralimar.

Mewakili Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, Wakapolres Bintan Kompol M Tahang SAg mengucapkan terima kasih kepada PT BRC Lagoi, yang terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian saat mengadakan kegiatan yang melibatkan kerumunan.

“Kita juga memberikan masukan. Terutama dalam penerapan Prokes, untuk setiap kegiatan. Ya, kita tadi sudah pantau, semua peserta dan teknis pelaksanaan KasmaRun 2021 berpedoman kepada Prokes 5M itu,” kata M Tahang. (yusfreyendi)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...