Temukan Toilet SPBU Pertamina Bayar, Erick Thohir Teken SK Fasum di BUMN Harus Gratis!

Loading...

Suarasiber.com – Adanya temuan toilet di sebuah SPBU Pertaminan berbayar berbuntuk keluarya SK dari Menteri BUMN yang isinya meminta semua fasilitas umum yang dikelola BUMN harus bisa dinikmati masyarakat secara gratis.

Dilihat suarasiber.com, Sabtu (27/11/2021), surat edaran terbaru ini diteken Erick tanggal 24 November 2021, dua hari setelah dia menemukan toilet berbayar tersebut.

Bukan hanya meminta fasum dan fasos BUMN gratis, dalam surat itu juga ditekankan pentingnya perawatan agar masyarakat nyaman menggunakannya.

“Agar senantiasa dilakukan perawatan, pemeliharaan dan pengelolaan yang memadai sehingga memberikan dampak optimal dan tidak membebani bagi masyarakat yang menggunakannya. Tidak dipungut biaya bagi masyarakat pengguna,” bunyi Surat Edaran tersebut.

Ia pun meminta dewan komisaris dan dewan pengawas BUMN mengawasi pelaksanaan surat edaran tadi di lapangan.

SE yang diteken Erick Thohir ini bernomor SE-16/MBU/11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN.

Sementara terkait adanya toilet di SPBU yang berbayar, Erick menyentil, seharusnya itu tidak berbayar.

“Karena kan sudah dapat dari penjualan bensin, sudah gitu juga ada toko kelontong. Jadi masyarakat mestinya mendapat fasilitas tambahan,” ujarnya, seperti dilihat dari Instagramnya.

SPBU yang meminta pengguna toiletnya membayar ialah SPBU Pertamina Kecamatan Malasan, Probolinggo, berbayar. Informasinya, untuk kencing bayar Rp2 ribu, kalau buang air besar atau mandi Rp4 ribu.

Ketika hal ini disamaikan ke warga Tanjungpinang, apa yang dilakukan Menteri BUMN bagus.

“Kalau tidak dibuatkan surat dari pusat, nanti ada saja oknum yang memanfaatkan kesempatan. Apalagi BUMN kan banyak sekali, setuju,” tutur Firmansyah yang dijumpai di Pelabuhan RoRo Tanjunguban hendak menyebarang ke Batam, pagi ini. (eko)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...