Jangan Asal Kaitkan Tali Saat Narik Mobil Mogok, Ketahui Lubang Towingnya!

Loading...

Suarasiber.com – Kesalahan mengaitkan tali penarik saat mobil mogok bisa berakibat fatal. Diantaranya bumper bagian depan pecah, bahkan bisa juga radiator retak.

Pemilik kendaraan roda empat harus mengetahui jika setiap mobil yang keluar pabrik sudah dilengkapi pengait. Bentuk dan letaknya berbeda-beda antara merek yang satu dengan lainnya.

Suarasiber.com yang mengunjungi Bengkel Kreatif Jaya Mandiri, Minggu (22/11/2021) malam ditunjukkan caranya oleh Wahyu, pemilik bengkel.

“Sambil saya buat konten buat Youtube ya Bang,” ujarnya.

Wahyu kemudian jongkok di depan Suzuki Ertiga keluaran terbaru untuk menunjukkan di mana letak pengait jika mobil butuh ditarik dengan aman.

Di bumper bawah bagian kanan, terlihat sebuah penutup berbentuk kotak. Oleh Wahyu, kemudian dicongkel salah satu tepinya menggunakan ujung obeng.

“Nggak usah keras-keras, buka dengan pelan sudah bisa,” tutur Wahyu. Sejurus kemudian ia pun membuka penutup tadi.

Tampak sebuah lubang, dan di situlah seharusnya dimasukkan ujung penarik. Caranya dimasukkan lalu di putar ke kanan, seperti mengencangkan baut.

Wahyu lalu menceritakan, beberapa kali bengkelnya memperbaiki bumper yang pecah karena pemiliknya dan mobil yang menarik sama-sama tak tahu letak pengait.

Akhirnya mereka mencari bagian keras di bawah mesin yang dianggap kuat dan menariknya. Bukan hanya bumper pecah, namun ada juga yang sampai radiatornya retak.

Wahyu kemudian juga menunjukkan di mana letak lubang pengait untuk mobil Honda Jazz. Kebetulan di bengkelnya ada seri Vtec. Letaknya hampir mirip Suzuki Ertiga, demikian juga dengan cara membukanya.

Sementara untuk mobil pengangkut seperti truk, letak pengaitnya lebih mudah ditemukan. Wahyu kemudian menunjukan kepada suarasiber.com bagian depan bawah sebuah truk yang sudah dibuka bumpernya.

Di bagian kanan terlihat besi runcing menyerupai tanda tanya. Menurut Wahyu di situlah seharusnya tali diikatkan lalu ditarik.

Nasihat agar hati-hati menarik mobil mogok juga disampaikan Ricky, rekan kerja bengkel Wahyu.

“Banyak pemilik mobil tak paham lubang pengait itu, asal tarik sehingga harus mengganti bumper atau radiator,” ujarnya.

Perhatikan 5 Hal Berikut

Agar proses menarik sebuah mobil berlangsung aman dan nyaman, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut ini adalah penjelasannya yang dilansir dari cintamobil.com, Senin (22/11/2021).

1. Tali Penarik

Istilah untuk tali penarik adalah towing strap. Sebaiknya dipastikan dahulu kondisi talinya. Jangan mencoba menggunakannya kalau Anda tak yakin ia mampu menahan beban seberat mobil.

Untuk tali penarik yang bagus, biasanya terbuat dari bahan baja. Atau jika dalam keadaan darurat, Anda bisa juga gunakan tambang ukuran besar.

2. Panjang Tali

Tidak boleh dilupakan panjang tali yang harus dipakai untuk menarik mobil. Sebaiknya panjang tali tidak lebih dari 4 meter.

Atau bisa juga disesuaikan dengan panjang bodi mobil yang akan diderek. Mengapa panjang tali menjadi hal penting? Gunanya untuk mengantisipasi saat mobil penderek mengerem atau berbelok.

3. Posisi Pengait

Mobil-mobil modern biasanya sudah dilengkapi posisi pengait yang terpadat di bemper depan atau belakang. Cirinya adalah sebuah kotak kecil yang ada di bemper. Buka kotak tersebut dan pasang pengait pada lubang yang tersedia. Untuk jelasnya Anda bisa buka buku manual kendaraan yang disediakan oleh pihak diler saat Anda membeli mobil.

4. Bergerak Perlahan

Ketika derek mobil di jalan, melajulah dengan perlahan dan stabil. Cukup 30-40 km/jam dan jangan bermanuver atau berhenti secara mendadak. Jangan sampai pula tali penarik kendur, agar meninimalisir risiko tali terputus ketika terjadi hentakan.

5. Gunakan Hazard

Saat sedang melakukan derek mobil di jalan, sebaiknya Anda menyalakan lampu hazard dan lampu utama. Ini sebagai isyarat bagi kendaraan lain jika Anda sedang dalam keadaan darurat.

Videonya tentang bagaimana mengetahui letak lubang pengait towing untuk menatik mobil, bisa dilihat pada video di bawah ini.

Semoga Anda bisa menghindari kerusakan bumper hanya gara-gara ketidaktahuan letak lubang towing pada kendaraa roda empat. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...