free page hit counter

Pamkab Karimun Bangun Lumbung Pangan Masyarakat

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Karimun H Aunur Rafiq didampingi istri, Hj Raja Azmah melakukan peletakan batu pertama pembangunan lumbung pangan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Cahaya Sejahtera di Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing, Karimun, Sabtu (11/9/2021).

Pembangunan lumbung pangan masyarakat ini didanai menggunakan Dana Alokasi khusus (DAK) fisik.

Kepada wartawan, Bupati Aunur mengatakan keberadaan lumbung pangan sebagai cadangan pangan sangat penting untuk menjaga ketersediaan dan akses pangan masyarakat.

“Khususnya bagi para petani, yang peranannya sebagai penyedia pangan juga sekaligus merupakan konsumen pangan,” ujarnya.

Terkait dana, Aunur menjelaskan jika DAK tahun 2021 bukan hanya Pemkab Karimun yang mendapatkannya. Seluruh kabupaten dan kota juga mendapatkannya.

Berdasarkan survei, terdapat 7 kecamatan di Karimun yang memiliki ketahanan pangan yang rentan. Namun pada tahun ini baru 1 kecamatan yang mendapatkan bantuan dalam pembangunan lumbung pangan.

“Jumlah pagu anggarannya adalah Rp287 juta yang telah dibayarkan 20 persen untuk tahap pertama dan dikerjakan secara padat karya,” imbuh Aunur.

Pembangunan lumbung pangan masyarakat ini mengacu Pasal 23 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan. Dalam ketentuan itu disebutkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan, pemerintah menetapkan cadangan pangan nasional yakni cadangan pangan pemerintah pusat, cadangan pangan pemerintah daerah dan cadangan pangan masyarakat.

Tujuannya untuk mengantisipasi kekurangan ketersediaan pangan, kelebihan ketersediaan pangan, gejolak harga pangan dan keadaan darurat. Selain itu merujuk pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Bidang Pangan.

Di kesempatan tersebut selain melakukan peletakan batu pertama, Bupati Karimun juga menyerah 35 paket sembako untuk masyarakat kurang mampu. (adi)

Loading...