Imbauan Tak Ngobrol dan Tertawa Keras Mungkin Lucu, Tapi Diterapkan di Negara Lain

Loading...

Suarasiber.com – Mendagri Tito Karnavian mengatakan waktu 20 menit untuk makan di warung yang ada di wilayah PPKM leval 4 cukup. Warga juga diimbau untuk mengurangi kegiatan yang bisa memicu penyebaran droplet.

Mendagri juga meminta masyarakat memahami aturan makan 20 menit yang merujuk aturan di Instruksi Mendagri. Tujuannya agar warga menghindari kegiatan yang berisiko menyebarkan droplet.

Anjuran untuk tidak ngobrol atau tertawa keras disadari mungkin dianggap lucu oleh masyarakat. Padahal negara lain sudah menerapkannya.

“Mungkin kedengarannya lucu tapi di luar negeri beberapa negara lain sudah lama dilakukan itu,” kata Mendagri dalam konferensi pers virtual, Senin (26/7/2021).

“Cukuplah 20 menit untuk makan, tidak membuat aksi, kegiatan yang membuat terjadinya droplet, aerosol bertebaran. Seperti ngobrol keras, ketawa keras,” Tito menjelaskan.

Untuk menerapkan aturan tersebut, Tito meminta peran dari pemerintah daerah hingga TNI dan Polri. Kemudian para pemilik usaha dan yang paling penting kesadaran masyarakat. (man)

Loading...