free page hit counter

Relawan Pemakaman Covid-19 Malaysia Kewalahan

Loading...

Suarasiber.com – Relawan pemakaman pasien yang meninggal karena Covid-19 di Malaysia kini tengah kewalahan menghadapi jumlah kematian yang meningkat tajam.

Dilansir dari Strait Times, pemimpin agama yang mengepalai tim relawan nasional mengatakan pihaknya kini menangani jenazah 30 kali lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Pasukan Manajemen Pemakaman Malaysia biasanya dipanggil oleh rumah sakit untuk membantu keluarga memberikan penghormatan terakhir mereka dengan cara yang aman.

Muhammad Rafieudin Zainal Rasid, seorang pemimpin agama yang mengepalai tim relawan nasional, yang dikenal sebagai pengurus ulama, mengatakan para relawan saat ini menangani hampir 30 kali lebih banyak jenazah daripada tahun lalu.

Meski jumlah relawan ditambah sehingga lebih dari 2.000 orang, namun ia mengatakan masih tetap kewalahan. Jika sebelumnya ada satu sampai tiga kasus per bulan, saat ini dalam sehari harus mengubur dua sampai tiga jenazah pasien Covid-19.

Akibat jumlah kematian yang tinggi, kadang relawan sulit menguburkan jenazah dalam waktu 24 jam seperti yang biasa dilakukan.

Rafieudin mengkhawatirkan risikonya akan lebih berbahaya bagi timnya karena setiap hari menangani jenazah. (fut)

Loading...