Terpesona Keindahan Anambas, Pejabat Kemenko Marves Jelaskan Desa Wisata

Loading...

Suarasiber.com – Kabupaten Anambas memiliki keindahan alam yang memesona banyak orang, bahkan pejabat pusat.

Asisten Deputi Bidang SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Maritim dan Investasi RI, Setyowati salah satu dari pejabat tersebut.

Sebagai narasumber di rapat Strategi Pembangunan Pengembangan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pasca Covid-19, Setyowati bangga dengan Anambas.

“Saya sangat terkesan dan bangga dengan Kabupaten Kepulauan Anambas yang memiliki potensi pariwisata alam begitu indah dan sangat memiliki potensi besar untuk dikembangkan,” ujarnya di ruang rapat utama Prof Dr Muhamad Zen, lantai III Kantor Bupati Pasir Peti, Kamis (8/04.21).

Ia kemudian membeberkan bagaimana mengembangkan desa wisata. Yang harus ada adalah komitmen bersama yang merupakan keinginan masyarakat luas seperti pemerintah daerah, camat, desa, dan komunitas masyarakat.

Juga harus dipastikan potensi dan permasalahan wilayah untuk dapat menentukan potensi kebudayaan.

Pembangunan desa wisata memerlukan kelembagaan atau Pokdarwis sebagai mitra pemerintah. Kemudian duduk bersama menyusun visi misi rencana kerja dan regulasi untuk dapat mewakili aspirasi masyarakat.

Ini penting untuk mencapai tujuan serta fokus pada jangka menengah dan panjang. Program yang dibuat wajib menyesuaikan dengan kekuatan desa wisata yang dapat diterjemahkan menjadi peluang untuk terus tumbuh.

“Kita perlu melakukan konsultasi dan melakukan peningkatan kapasitas SDM desa wisata, peningkatan pariwisata dapat dilakukan dengan membuat masterplan yang dilakukan oleh profesional,” imbuh Setyowati.

Ia juga mengatakan pengembangan desa wisata dilakukan dengan menata wajah desa termasuk fasilitas umum dan akomodasi, menentukan keunikan dan branding desa wisata dengan cara mengelola image dan unique setting point (USP).

Tak kalah penting ialah menyusun paket wisata dan melakukan pemasaran untuk menjalin kemitraan. Terakhir Setyowati mengatakan, “Lakukan evaluasi serta inovasi untuk keberlanjutan desa wisata.”

Dikutip dari anambaskab.go.id, Jumat (9/4/2021), Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, berharap dengan adanya strategi pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi suatu upaya yang dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas untuk bangkit dan berkembang pasca pandemi covid-19.

Pariwisata terus didukung pemerintah daerah, misalnya menambah panjang run way bandara setempat agar dapat melayani pesawat lebih besar, semisal Boeing. (man)

Loading...