Tanjungpinang Urutan ke-2 Jumlah Kampanye Calon setelah Kota Batam

Loading...

Suarasiber.com – Bawaslu Kota Tanjungpinang menggelar Rakor mengusung tema Evaluasi Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Tahun 2020 di Kota Tanjungpinang.

Rakor dilaksanakan di Hotel Aston, Jumat lalu disertai penganugerahan piagam serta cinderamata ke sejumah pihak yang menyuskseskan Pilkada 2021 di Tanjungpinang.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini, salah satu tujuan Rakor agar peran Bawaslu maupun KPU dan stakeholder terkait, semakin baik ke depan.

Ia sampaikan, meski di tengah pandemi Covid-19, ada peningkatan partisipasi pemilih hingga 62%, sementara Pilgub 2015 di Kota Tanjungpinang hanya 57%. Dan lebih menarik, menurunnya jumlah tren pelanggaran di Pilgub 2020.

“Terima kasih kepada TNI, Polri, Pemkot, Perguruan Tinggi, Ormas, media massa dan seluruh lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi mengawal pesta demokrasi,” tutur Zaini.

Sementara itu Wali Kota Tanjungpinang yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs H Tamrin Dahlan juga berterima kasih kepada semua pihak atas suksesnya Pilkada.

Hal senada disampaikan oleh Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, Said Abdullah Dahlawi yang membuka rakor ini.

Dari evaluasi, ternyata Tanjungpinang merupakan daerah yang terbanyak setelah Batam dalam kegiatan kampanye pasangan calon.

Rendah dalam kasus penanganan pelanggaran, tinggi dalam partisipasi pemilih. Tentu ini dilandasi oleh optimalisasi pencegahan, pengawasan dan sosialisasi jajaran pengawas.

Usai Rakor Bawaslu Tanjungpinang memberikan penghargaan dan cinderamata. Penerimanya diantaranya dari pemerintah, Forkopimda, unsur Ormas, perguruan tinggi.

Bawaslu juga menerima penghargaan dari Pemkot Batam, Polres Tanjungpinang dan Kajari Tanjungpinang karena sukses mengawal Pilkada Tahun 2020.

Dari Pemkot diserahkan Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs H Tamrin Dahlan MSi; dari Polres diserahkan oleh Wakapolres Kompol M Chaidir SH SIK dan Penghargaan dari Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang yang diserahkan langsung oleh Kajari baru Joko Yuhono SH. (fut)

Loading...