Anggota SAR Natuna Dilatih Water Rescue di Pulau Laut

Loading...

Suarasiber.com – Memiliki wilayah 99 persen perairan membuat Kabupaten Natuna memiliki musim yang tergolong berbahaya bagi warga yang sebagian besar adalah nelayan.

Maka petugas yang terkait dengan penyelamatan yaitu SAR harus memiliki kemampuan melakukan pertolongan di air.

Bertempat di Gedung Pertemuan Madah Kencana Desa Air Payang Kecamatan Pulau Laut, dilakukan pelatihan teknis pertolongan di atas permukaan air atau water rescue.

Pembukaan acara dilakukan oleh Bupati Natuna yang diwakili Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Natuna, Budi Darma.

Selain para anggota SAR yang menerima pelatihan, pembukaan juga dihadiri beberapa anggota DPRD, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala PLN Ranai, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, beberapa perwakilan FKPD, Uspika Pulau Laut, para kepala desa dan tokoh masyarakat.

“Potensi SAR di kecamatan merupakan strategi yang tepat untuk menyikapi kemungkinan kecelakaan di tingkat kecamatan, mengingat wilayah Operasi SAR yang dirasa sangat luas, sedangkan upaya penyelamatan harus dapat direspon secara cepat dan efektif,” ujar Budi.

Kegiatan pelatihan sendiri akan dilakukan SAR di Kecamatan Pulau Laut. Pemilihan tempat ini dinilai Budi cocok.

“Mengingat Kecamatan Pulau Laut merupakan salah satu kecamatan yang mengalami dampak terhadap perubahan musim, terutama musim utara,” kata dia.

Ia berharap pelatihan pertolongan di permukaan air ini juga dilakukan di seluruh wilayah kerja SAR di Kabupaten Natuna.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel, menjelaskan kegiatan bertujuan membentuk potensi pencarian dan pertolongan.

Tentu saja dilengkapi pengetahuan dan keterampilan tentang teknik – teknik pencarian dan pertolongan di atas dasar permukaan air serta peserta potensi SAR mampu melakukan dan menjelaskan teknik – teknik dasar dan tindakan penolong pertama pada kecelakaan.

Pelatihan diikuti oleh 50 orang, terdiri dari perwakilan personel TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Organisasi Masyarakat di wilayah Kecamatan Pulau Laut Kabupaten Natuna. (said)

Loading...