Petani Lingga Panen Udang Vaname, Ditujukan untuk Pasar Batam

Loading...

Suarasiber.com – Pelan namun pasti, Kabupaten Lingga mulai dikenal sebagai sentra pertanian di Provinsi Kepri. Selain ppadinya, juga terus digalakkan tambak udang.

Pada hari Jumat (5/2/2021) petani udang di Desa Tinjul Kecamatan Singkep Barat dan Desa Resang Kecamatan Singkep Selatan melakukan panen udang vaname untuk ke sekian kalinya.

Panen ini istimewa sebab didampingi Plt Bupati Lingga Muhammad Izar beserta istrinya dan sejumlah pejabat.

Nizar menghadiri panen parsial tambak udang vanamei di Desa Tinjul Kecamatan Singkep Barat. Sebelum panen dilakukan doa bersama dengan harapan Allah SWT memberikan berkah.

Selanjutnya para ketua Pokja dan petani anggotanya dengan gembira melakukan panen.

Ketua Tambak Udang Desa Tinjul, Mastur menyampaikan panen kali ini adalah ke-3 kalinya. Targetnya 500 kilogram udang vaname.

Melihat hasilnya selana ini, ia optomis program tambak udang vaname mampu memajukan perekonomian warga.

Sementara Camat Singkep Barat Febrizal Taufik mengaku bangga dengan Pokja dalam mengelola tambak ini dengan baik sehingga dapat membuahkan penghasilan untuk masyarakat.

Sementara M Nizar mengajak masyarakat bekerja sama dalam memanfaatkan BUMDes.

“Kita berharap panen ini terus berlanjut dan kedepannya kita terus berharap selalu mendapatkan peningkatan mulai dari hasil panen hingga terwujudnya penambahan kolam untuk tambak udang ini,” ujarnya.

Pesannya, hasil panen bisa digunakan sebagian untuk pengembangan tambak, selain untuk kebutuhan sehari-hari. Ia mengatakan pemerintah tidak akan menutup mata dan harapannya tambak udang juga dilakukan warga di lokasi lain di Lingga.

Di desa Resang, target panen juga 500 kilogra. Kades setempat dan petani tampak bergembira atas hasil panen.

Di tempat yang sama, perwakilan Dinas Perikanan Kabupaten Lingga, Muslim, mendukung keberaan Pokja. Kekompakan petani turut mempengaruhi capaian panen udang.

“Nanti udang ini akan diekspor ke Batam sesuai size yang sudah ditetapkan dan kita berharap tentunya untuk panen berikutnya dapat lebih banyak melebihi target awal kita,” jawab Muslim ketika ditanya akan dikemanakan hasil panen udang ini. (mat)

Loading...