Marie Thomas Google Doodle Hari Ini, Anda tahu Siapa Dia?

Loading...

Suarasiber.com – Google hari ini menjadikan Merie Thomas sebagai Google Doodle-nya hari ini, Rabu (17/2/2021). Tahukah Anda siapa sebenarnya wanita ini?

Marie Thomas adalah dokter perempuan pertama yang berasal dari Indonesia. Ia lahir 17 Februari 1896, karena itulah Google memperingatinya.

Saat itu, Marie harus bersaing dengan para dokter lelaki. Marie merupakan lulusan Sekolah Pendidikan Dokter Hindia Belanda (STOVIA), Jakarta, pada tahun 1922.

Sebelum ia masuk, kabarnya STOVIA hanya menerima dokter berjenis kelamin laki-laki. Bahkan ada yang menduga ia merupakan satu-satunya perempuan diantara 180 calon dokter satu angkatan.

Adalah dokter pertama di Belanda, Aletta Jacob yang menginspirasi Marie yang kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara, untuk masuk STOVIA. Aletta pernah keliling dunia dan menyempatkan diri menginjakkan kaki di Batavia pada tahun 1912.

Ia mendesak Gubernur Jenderal AWF Idenburg agar perempuan bumiputra diperbolehkan sekolah di STOVIA, dan Marie adalah bukti perjuangan Aletta.

Marie didukung beasiswa dari Studiefonds voor Opleiding van Vrouwelijke Inlandsche Artsen (SOVIA). Lembaga ini membantu biayai sekolah dokter Hindia wanita.

Marie pernah bekerja sebagai dokter di Centraal Burger Ziekenhuis di Batavia, sekarang adalah RSCM. Pada 1929 Marie pindah ke Padang, Sumatera Barat kerane ikut suaminya, Mohammad Joesoef .

Sekembalinya ke Batavia Marie masuk Partai Persatuan Minahasa. Tahun 1950, Marie Thomas kembali ke Sumbar dan mendirikan sekolah kebidanan.

Adapun Google Doodle Marie berupa seorang wanita dengan rambut tergelung sedang menggendong seorang bayi. Stetoskop dokter melingkar di lehernya, sementara kedua telapak tangannya mendekap bayi yang terbungkus kain.

Saat kursor melintasi gambar itu, muncul teks Ulang Tahun ke-125 dr. Marie Thomas. Sementara huruf yang membentuk Google ada di belakang gambar Marie yang didominasi warna hijau tosca. (mat)

Loading...