Kadis Kominfo Batam Sesalkan Foto Korban Kebakaran Tanpa Sensor

Loading...

Suarasiber.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam, Azril Apriansyah menyesalkan tersebarnya sejumlah foto kebakaran di SPBU Sagulung, Batuaji, tanpa adanya sensor.

Azril pun mengajak masyarakat bijak dalam bermedia sosial. Masyarakat diminta memahami situasi yang ada demi menjaga perasaan keluarga terkait.

Disampaikannya, ada banyak keluhan ke pihaknya terkait foto dan video korban kebakaran yang terlanjur menyebar di beragam platform medis sosial. Diantaranya Facebook, YouTube, hingga sejumlah grup WhatsApp.

Lantaran tidak mengalami sensor, beberapa video dan gambar yang diunggah menunjukkan bagaimana kondisi korban yang seharusnya tidak untuk konsumsi publik.

“Mari sama-sama kita bijak dalam bermedia sosial. Kita juga pasti tahu mana yang patut diunggah ataupun tidak,” kata Azril, Rabu (17/2/2021), seperti dilansir dari kabarbatam.com.

Azril mengaku, teknologi informasi telah membuat masyarakat lebih mudah mengunggah atau menerima beragam konten. Namun ia mengatakan harus tegas mengingatkan serta terus memberikan pemahaman.

“Perkembangan teknologi informasi begitu cepat, tinggal kita berpikir sebagai masyarakat mau menjadi pengguna medsos yang seperti apa? Jangan sampai merugikan diri sendiri dan orang lain,” kata dia.

Ia juga mengingatkan untuk waspada terhadap hoaks yang terbukti merugikan. Jika ada informasi, selayaknya disaring dan dicermati sumbernya, tidak langsung ditelan begitu saja. (mat)

Loading...