Ditanya Ganjar, Siswa Pengunjuk Rasa Ngaku Tak Tahu Apa yang Didemo

Loading...

SEMARANG (suarasiber) – Ada pengakuan menarik dari sejumlah siswa yang ikut demo penolakan RUU Cipta Kerja di Semarang yang akhirnya berakhir ricuh.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mendengar ada siswa yang ikut unjuk rasa pun mendatangi Mapolrestabes Semarang, Rabu (7/10/2020) malam.

Dilihat suarasiber dari video yang banyak beredar di media sosial, Ganjar lalu jongkok untuk berbincang dengan beberapa pengunjuk rasa yang diamankan.

Ternyata beberapa diantara mereka masih bersekolah di SMK. Uniknya, saat ditanya apakah sebenarnya yang mereka demo, semuanya menjawab tidak tahu.

“Kamu kerja di mana?” tanya Ganjar.

“Sekolah, Pak,” jawab seorang pendemo.

“Sekolah mana?”

Lalu siswa menjawab nama sekolahnya.

“Siapa yang ngajak?” tanya Ganjar Lagi.

“Nggak ada yang ajak, Pak.”

Ada yang tahu sebatas mendemo RUU, namun apa isinya dan itu RUU apa siswa yang ditanya pun mengaku tidak tahu.

“Saya barusan UTS online, lalu jalan-jalan ada demo, lalu ikut,” pengakuan seorang siswa.

Yang lain mengatakan tinggal bersama embahnya dan hingga malam itu ia tak yakin apakah embahnya tahu jika ia ada di kantor polisi.

Ganjar pun meminta ajudannya mencatat nomor embahnya untuk diberitahu.

Beberapa buruh yang diamankan Ganjar juga diajaknya berbincang. Para buruh tak menyangka demo di Semarang berakhir ricuh.

Soal RUU Cipta Kerja, mereka pun baru tahu setelah mendapatkan share dari teman-temannya di WA Grup.

Terkait siswa yang ikut unjuk rasa, Ganjar mengatakan, “Anak-anak rupanya dapat pesan dari WA grup, pesan berantai, dia terpancing, sayang, lah. Ini anak-anak kita lebih baik kan diedukasi secara benar, karena SMA/SMK ini kan tanggung jawab saya, tanggungjawab Provinsi, sehingga kalau anak-anak itu sebenarnya kita bisa memberikan fasilitas.”

Menurut Ganjar para siswa harus diedukasi, kalau mendapatkan informasi dicari sumbernya.

“Dari semua yang ditanya nyaris nggak ada yang tahu demo apa. Pokoknya bareeng-bareng, ramai-ramai,” sesal Ganjar. (mat)

Loading...