Karena Corona, Jumlah TPS Pilkada Kepri Desember 2020 Bakal Lebih Banyak

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Datangnya corona membuat sejumlah agenda pun dibatalkan, dimundurkan, ditunda dan sebagainya. Demikian halnya dengan Pilkada serentak, Kepri akan melaksanakannya pada 9 Desember 2020.

Namun ada yang berbeda pada Pilkada kali ini. Lantaran masih dalam suasana pendemi Covid-19, maka prosesnya juga harus tetap mempertahankan protokol kesehatan. Salah satunya tidak berkerumunnya warga dalam satu waktu dan tempat bersamaan.

Hal ini tentu berpengaruh kepada jumlah TPS yang harus disediakan. Terkait hal ini, Sekda Provinsi Kepri H.TS. Arif Fadillah menyampaikan agar semua disesuaikan.

Sekda mengatakan, ada penambahan anggaran yang harus disediakan oleh pemerintah dalam melindungi petugas yang ada di lapangan.

“Anggaran yang saat ini dimiliki oleh KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota belum ada alokasi untuk memenuhi protokol kesehatan. Oleh karena itu kepada KPU agar segera mengusulkan anggaran tambahan Pemda masing-masing. Karena covid ini jumlah pemilih di TPS dibatasi mengakibatkan TPS bertambah, otomatis petugas KPPS juga bertambah selain itu mereka juga harus dilengkapi dengan APD,” jelasnya, di Dompak, Tanjungpinang, Jumat (12/6/2020).

Turut hadir pada kesempatan ini Kepala Badan Kesbangpol Linmas Lamidi, Kepala Dinas PMD dan Disdukcapil Sardison, Kepala Dinas Kominfo Zulhendri, kepala Biro Pembangunan Porivnsi Kepri Aries Fhariandi, Ketua KPU dan Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau beserta Anggota. Hadir juga secara Virtual Perwakilan Pemerintah Kabupaten/ Kota serta KPU dan Bawaslu Kabupaten/ Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau.

Untuk diketahui, pada 9 Desember 2020 ada 7 daerah di Kepri yang melaksanakannya. Yakni Provinsi Kepulauan Riau, Kota Batam, Kabupaten Karimun, Kabupaten Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna serta Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Sedangkan khusus Kota Tanjungpinang hanya melaksanakan Pemilihan Gubernur karena pada tahun 2018 telah melaksanakan pilkada serentak,” jelas Arif. (mat/man)

Loading...