DPRD Kepri Minta Waduk Gesek Segera Dinormalisasi

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau Lis Darmansyah meminta Waduk Gesek segara dinormalisasi guna mengantisipasi krisis air di Kota Tanjungpinang dan Bintan.

Hal itu dikatakan Lis Damansyah saat melakukan peninjauan lapangan bersama Direktur PDAM Tirta Kepri di Gesek, Batu 18, Bintan, Senin (11/5/2020).

Ia meminta agar orang juga bukan sembarangan masuk ke wilayah waduk. Hal ini karena waduk ini merupakan objek vital yang menjadi sumber air baku dalam memenuhi kebutuhan air bersih orang banyak.

Direktur PDAM Tirta Kepri Mamat, menjelaskan, saat ini waduk Gesek mengalami pendangkalan yang mengakibatkan kapasitas air waduk tinggal 2 meter saja.

Sebelumnya, waduk Gesek itu masih bisa menampung air hingga 4-5 meter, dengan kapasitas produksi 100 liter perdetik. Dengan kondisi air yang dangkal, sekarang hanya mampu memproduksi air 60 liter per detik.

Lis Darmansyah, pemeliharaan dan normalisasi waduk Gesek itu perlu segera dilakukan, demikian juga dengan pemeliharaanya. (mat)

Loading...