Keren, Kapal Selam Alugoro Sukses Tactical Diving 310 M

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kapal selam pertama buatan anak negeri, Alugoro melaksanakan berbagai ujian sesuai aturan internasional. Baru-baru ini kapal yang dibuat di PT PAL Surabaya ini jalani TDD.

TDD adalah tactical diving depth, dan baru-baru ini Alugoeo berhasil menyelam hingga kedalaman 310,8 meter di perairan utara Bali.

Dibaca suarasiber.com dari Instagram Kementerian BUMN, Jumat (27/3/2020), TDD kali ini dipantau dan diikuti langsung oleh Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero), Ir Budiman Saleh, M.S., Ph.D.

Lebih jauh, TDD adalah tes kedalaman taktis bagi sebuah Kapal Selam pada kedalaman di bawah layer laut yang sulit dideteksi kapal atas air. TDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro.

Kapal Selam Alugoro merupakan kapal selam ketiga dari Batch Pertama kerja sama pembangunan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan. Dua kapal selam sebelumnya dibangun di Korea.

Keberhasilan pembangunan ini menjadikan Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero). Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect. (mat)

Loading...