Breaking News: SWRO Tanjungpinang Jual Air Bersih untuk Umum dan Bisnis

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pertemuan antara Pemprov Kepri dan Pemko Tanjungpinang terkait pengelolaan penyulingan air laut menjadi air tawar atau Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) di Batu Hitam, Selasa (31/3/2020), menghasilkan kabar menggembirakan. Kabar baik di tengah berita muram akibat wabah covid-19.

Untuk antisipasi kekeringan sumber air lori, SWRO juga terbuka untuk pribadi dan umum. Untuk pembelian pribadi dijual Rp15 ribu per ton. Jadi, siapapun yang mau beli air dengan kendaraan untuk pribadi bisa membelinya ke SWRO di Batu Hitam. 

Sedangkan, untuk lori tangki yang akan menjual lagi dijual dengan harga Rp20 ribu per ton. Pembelian dapat dilakukan setiap hari kerja atau Senin ke Sabtu mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00.

Dan, sudah bisa dilakukan mulai, Rabu (1/4/2020). Hal ini disampaikan Rudi Chua anggota DPRD Kepri dapil Tanjungpinang yang menjadi narasumber di pertemuan itu kepada suarasiber.com, usai rapat.

Saat ini, SWRO di Batu Hitam memiliki kapasitas 2.800 meteran. Tapi yang digunakan hanya 900 meteran.

Sedangkan sisanya masih terbiar dan Pemko Tanjungpinang tidak menganggarkan penambahan meteran itu di 2020.

Sementara air waduk Seipulai, yang menjadi sumber air baku PDAM hanya tersisa untuk sepekan ke depan. Karenanya, bantuan Pemprov Kepri sangat diharapkan untuk memaksimalkan SWRO ini.

“Di tengah ancaman wabah covid dan kekeringan yang terjadi di Tanjungpinang,  Pemprov perlu membantu melalui anggaran covid. Untuk memaksimalkan jaringan SWRO,” kata Rudi Chua. (mat) 

Loading...