Menkop UKM Akan Sisir Koperasi Nakal, Siap-siap Saja

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengatakan akan membersihkan koperasi-koperasi nakal yang ada di Indonesia. Diantaranya ialah koperasi rentenir serta tempat cuci uang.

“Kami benahi koperasi nakal, seperti koperasi cuci uang, koperasi investasi ilegal, dan koperasi berkedok retenir,” demikian pernyataan Menkop Teten Masduki di Museum Bank Indonesia, Sabtu, awal Februari lalu.

Disinyalir, banyak koperasi rentenir dan investasi ilegal yang telah memakan korban. Biasanya koperasi simpan pinjam atau KSP sangat marak terjadi karena kasus rentenir.

Dibaca suarasiber dari depkop.go.id, tercatat sebanyak 40.013 koperasi di Indonesia yang tidak aktif dan nakal dibubarkan, sedangkan sisanya masih dikaji.

Melalui langkah tersebut, dari total jumlah koperasi pada 2014 atau sebelum ‘Reformasi Total Koperasi’ terdapat 212.570 unit, dan per 2018 tinggal 138.140 unit usaha.

Kemudian sepanjang 2019, menurut data Kementerian Koperasi dan UMKM mencatat terdapat 153 badan usaha menyeleweng. Salah satunya melibatkan Koperasi investasi bodong Hanson Mitra Mandiri. (man)

Loading...