Jembatan Batam Bintan Dibangun Februari 2021 dan Selesai Desember 2023

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Plt Gubkepri H Isdianto mengungkapkan konsorsium pembangunan jembatan Batam – Bintan, sudah terbentuk. Dan, time line pembangunan jembatan juga sudah dibuat.

“Rencananya dimulai pada Februari tahun depan dan selesai Desember 2023,” kata Isdianto, Rabu (5/2/2020).

Dengan adanya kepastian pembiayaan dan jadwal waktu itu, Isdianto, memerintahkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Agar, mempersiapkan segala yang diperlukan.

Dia tak mau gara-gara persiapan yang kurang dari Pemprov Kepri, pembangunan jembatan yang sudah diidamkan sejak 2005 itu jadi terkendala.

Sebelum menyampaikan hal ini, Isdianto sudah menerima beberapa laporan akhir terkait persiapan pembangunan jembatan Babin. Di antaranya disampaikan Kepala Barenlitbang Naharuddin MTP.

Dalam pembahasan pekan lalu, di Kementerian Agraria dan Tata Ruang Jakarta, progres perkembangan semakin mengalami kemajuan. Apalagi, ada keterlibatan dua badan usaha besar dalam pertemuan itu.

“Kita ikut pola terbaik yang disiapkan pusat. Yang terpenting jembatan ini segera dibangun dan memberi dampak besar bagi kemajuan Kepri,” tukas Isdianto.

Komunikasikan ke BP Batam, Pemko Batam dan Pemkab Bintan

Kepada OPD terkait, seperti Barenlitbang Kepri, Dinar PUPR, Dinas Perhubungan, Isdianto menegaskan, agar prakarsa dari pertemuan-pertemuan dikomunikasikan dengan daerah. Terutama Pemko Batam, BP Batam dan Pemkan Bintan.

Isdianto tak ini ada miskoordinasi tentang pembangunan jembatan Babin. Daerah-daerah terkait harus terlibat dan berkolaborasi untuk kemajuan bersama.

“Apalagi ada diskusi tentang row jalan. Baik di Batam maupun di Bintam sesuai skema yang dibahas,” kata adik kandung almarhum H Muhammad Sani ini.

Progres pembangunan Jembatan Batam Bintan memang terus mengalami kemajuan. Sejak dideklarasikan Presiden Joko Widodo awal tahun lalu di Batam, kemajuan-kemajuan pola pembangunannya semakin terlihat.

Apalagi saat berkunjung ke Natuna awal Januari lalu, Presiden Jokowi menyampaikan kepada Isdianto bahwa pembangunan Jembatan Batam Bintan mulai dibangun tahun 2021.

“Alhamdulillah, Pak Presiden Jokowi (tadi) memastikan Jembatan Batam Bintan dimulai tahun 2021. Menjelang naik tangga Pesawat Kepresidenan, Pak Jokowi menyampaikan kepastian pembangunan itu. Ini semua berkat doa dan dukungan masyarakat Kepri,” ujar Isdianto, saat itu.

Jembatan Batam Bintan Punya Daya Ungkit Tinggi

Komisi V DPR RI pun sudah melakukan Rapat Dengar Pendapat bersama Pemerintah Provinsi Kepri terkait Pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin) di Gedung Nusantara, Kantor DPR/MPR RI, Jakarta, pekan ketiga Januari lalu.

Di penghujung 2019, Tim Kemenko Maritim dan Investasi bersama Isdianto melakukan peninjauan tapak-tapak pembangunan jembatan. Mereka juga menelusuri jalur yang bentangan jembatan dari Batam ke Bintan.

Malah integrasi pengembangan wilayah Batam-Bintan sudah masuk dalam RPJMN 2020-2024. RPJMN ini pun sudah ditandatangani Presiden Jokowi pada 20 Januari 2020 kemarin.

“Jembatan Batam Bintan ini punya daya ungkit tinggi untuk meningkatkan perekonomian Kepri.

Malah sangat strategis dan meningkatkan kebanggaan bangsa karena Kepri berbatasan dengan banyak negara tetangga,” beber Isdianto. (mat)

Loading...