Indonesia – Singapura Kerja Sama Hadapi Industri 4.0

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Indonesia terus memperkuat kerja sama bilateral dengan Singapura guna mendorong penerapan Industri 4.0 di Indonesia. Salah satu caranya melalui pendidikan vokasi dan peningkatan investasi.

Hal ini dituliskan di Instagram serta Twitter Kementerian Perinsutrian Republik Indonesia yang dilansir untuk suapasiber.com.

Disebutkan bahwa pada tahun ini, Kemenperin kembali melaksanakan pelatihan implementasi industri 4.0 bagi staf manajemen dan pengajar di politeknik industri dalam rangka menciptakan tenaga kerja industri yang kompeten.

Sementara itu, Indonesia juga mendorong investasi Singapura di sektor infrastruktur khususnya yang mendukung konektivitas industri dan kawasan.

Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan Presiden Republik Singapura Halimah Yacob hadir pada “Workshop for Applying Competency Based Curriculum Design & Development for Industry 4.0”. Para peserta adalah pengajar politeknik naungan Kemenperin.

Menperin Agus berterima kasih kepada Presiden Republik Singapura, pemerintah Singapura, Temasek Foundation dan Singapore Polytechnic untuk dukungan dan kerja sama dalam meningkatkan kualitas SDM industri di era Industri 4.0.

“Dalam kerja sama dengan Republik Singapura, pada 2018-2019, Kemenperin telah melatih 100 guru vokasi produktif dengan program link and match untuk sekolah vokasi di ITE Campus Singapore yang didukung oleh Temasek Foundation,” jelas Agus.

Sementara Presiden Republik Singapura Halimah Yacob mengapresiasi kerja sama Kemenperin dlm melaksanakan pelatihan Industri 4.0 dengan Temasek Foundation & Singapore Polytechnic serta terus mendukung Indonesia untuk menyiapkan SDM industri yang kompeten di era Industri 4.0.

Diharapkan, dengan kolaborasi dalam pelatihan kurikulum seperti ini dapat memperkaya kurikulum unit pendidikan vokasi dan mengoptimalkan kompetensi SDM industri. (man)

Loading...