Singapura Dukung Jembatan Batam – Bintan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pertemuan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Menteri Perdagangan dan Industri serta Menteri Pendidikan Singapura Chee Hong Tat menghasilan kabar gembira. Singapura mendukung pembanguan Jembatan Batam – Bintan (Babin).

Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Gubernur, Graha Kepri Batam, Kamis (30/8/2018). Menteri Chee menegaskan, industri seperti manufacturing dan elektronik di Batam saat ini masih banyak. Tapi, Kepri, khususnya Batam harus bersiap untuk industri yang kini sedang berkembang pesat, yaitu di sektor IT dan digital.

“Kita harus bersiap untuk sektor baru ini yang sedang berkembang,” kata Chee Hong Tat.

Chee tahu bahwa Presiden Joko Widodo ingin menjadikan Batam sebagai jembatan dunia digital Indonesia dan Singapura. Nongsa Digital Park merupakan kaloborasi kedua negara. Di sini, Chee mengatakan, nantinya tak hanya di bidang IT yang berkembang, tapi juga ke animasi, gaming.

“Ini adalah mesin penggerak baru bagi Batam dan Kepulauan Riau,” Chee meyakinkan.

Mantan Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura ini tahu tentang akan dibangunnya Jembatan Batam-Bintan. Bahkan Chee bertanya kepada Nurdin kapan Jembatan babin direalisasikan. Chee memperkirakan kehadiran jembatan itu akan sangat membantu menarik investor.

Sementara Nurdin menegaskan bahwa Presiden Jokowi sangat mendukung pembangunan Jembatan Babin. Kini, tim sedang mematangkan data teknis lanjutan pembangunan jembatan tersebut. Rencananya di 2019 akan dimulai.

Pada pertemuan itu Menteri Chee didampingi Mark Low, Konjen Singapura untuk Kepri. Sementara Gubernur Nurdin didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Syamsul Bahrum, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Burhanuddin, Kadis Pendidikan Muhammad Dali dan Karo Humas Protokol dan Penghubung Nilwan. (mat)

Loading...