Kawasan Industri di Jawa Disiapkan untuk Teknologi Tinggi

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian sedang gencar meningkatkan realisasi investasi, khususnya dari sektor industri. Pembangunan kawasan industri baru menjadi salah satu cara yang ditempuh.

Jika selama ini kawasan industri banyak dibangun di Pulau Jawa, berikutnya luar Jawa juga akan mendapatkan kesempatan yang sama. Hal ini dilakukan untuk mendorong pemerataan ekonomi di Tanah Air, pemerintah telah berusaha melalui pengembangan kawasan industri di luar Jawa.

Dibaca suarasiber dari Instagram resmi Kementerian Perindustrian RI, @kemenperin_ri, ke depan, kawasan industri di Pulau Jawa akan difokuskan pada pengembangan industri teknologi tinggi. Juga industri padat karya dan industri dengan konsumsi air rendah.

Sedangkan, kawasan industri di luar Jawa akan lebih difokuskan pada industri berbasis sumber daya alam, peningkatan efesiensi sistem logistik dan sebagai pendorong pengembangan kawasan industri sebagai pusat ekonomi baru.

Disampaikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, penting menciptakan atau mengembangkan kawasan industri di seluruh wilayah Indonesia.

“Dari sisi jumlah, terjadi peningkatan sebesar 28,15 persen,” ujar Menteri Agus.

Pada Instagram juga dilengkapi grafis Kawasan Industri di Indonesia. Terdapat 15 Kawasan Proses Konstruksi dan 10 Kawasan Tahap Perencanaan.

Sedangkan 103 kawasan sudah beroperasi, yaitu 58 kawasan di Pulau Jawa, 33 di Pulau Sumatera, 8 di Pulau Kalimantan dan 4 di Pulau Sulawesi. (man)

Loading...