Jaga Kualitas Aki agar Motor Tak Mogok di Jalan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kualitas aki yang bagus akan memberikan rasa aman kepada pemilik sepeda motor. Apalagi jika melakukan beberapa hal sederhana untuk menjaga perangkat penting ini.

Sebelum bicara soal aki, ada baiknya kita ketahui sepeda motor teknologi terbaru umumnya menggunakan sistem injeksi. Sistem ini mencampurkan udara dengan bahan bakar dalam kendaraan bermotor.

Akibat percampuran tersebut, menghasilkan pembakaran yang sempurna. Sebenarnya, sistem injeksi merupakan penerus dari sistem karburator yang diterapkan di mesin sepeda motor sebelumnya.

Perlu kalian ketahui, kinerja sepeda motor yang menerapkan sistem injeksi sangat bergantung dari aki. Akilah sumber tenaga untuk menyalakan mesin sepeda motor. Dan aki juga sumber tenaga untuk menyalakan lampu dan klakson.

Oleh karena itu, jika kualitas aki kalian tidak bagus maka kemungkinan terburuk ialah sepeda motor akan mogok di tengah jalan. Mesin tak mampu menyala lagi meski dipaksakan.

Kualitas aki yang dimaksud di sini bukan hanya karena saat membelinya asal-asalan, melainkan juga karena aki yang kurang perawatan sehingga soak.

Tidak ada hal lain bisa dilakukan untuk mempertahankan kinerja aki selain merawatnya. Hal paling mudah sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri. Yakni membiasakan diri memanaskan mesin sepeda motor sebelum digunakan. Jangan begitu mesin menyala langsung digunakan di jalan raya.

Mungkin tidak ada sadari jika cara ini begitu penting. Memang tidak serta merta mesin motor kalian bermasalah jika tidak melakukan pemenasan mesin. Namun selama proses berlangsung akan berdampak negatif.

Jika kalian adalah pemilik sepeda motor yang masih menggunakan karburator dan tiba-tiba mogok di tengah jalan, apa yang harus dilakukan?

Dilansir dari planetban.com, kalian bisa mencoba menggunakan teknik mendorong motor. Doronglah dengan memasukkan gigi dua sambil menarik kopling. Doronglah dengan kecepatan tertentu kemudian lepaskan kopling serta-merta.

Cara lainnya ialah memiringkan posisi sepeda motor. Ini dilakukan sebagai upaya mengalirkan bahan bakar ke saluran bahan bakar. Dengan dimiringkan, aliran bahan bakar akan mengalir ke karburator mengikuti gaya gravitasi. Lakukan hingga kadar yang mencukupi untuk menyalakan mesin.

Namun cara tersebut tidak efektif bila diterapkan ke sepeda motor injeksi.

Sementara untuk pemilik sepeda motor matik, tegakkan kendaraan dengan standar dua. Lalu lakukan kick starter atau starter dengan engkol secara berulang-ulang. Lakukan dengan posisi kontak off. Mangapa harus posisi off?

Tujuannya agar bahan bakar memenuhi ruang bakar. Setelah itu, besar kemungkinan sepede motor akan menyala dengan kikck starter dengan cara ini. Perlu kalian pahami juga, sebenarnya cara ini membantu mengisi kembali aki sedikit demi sedikit setelah beberapa kali di-kick starter.

Pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana jika sepeda motor benar-benar tak bisa dinyalakan karena aki?

Jika kualitas aki sepeda motormu benar-benar drop, soak parah, tak ada jalan lain. Harus mengganti aki sepeda motor tadi. Jika sepeda motormu mogok di tengah kota, mungkin hanya perlu mendorong beberapa puluh meter untuk menemukan bengkel.

Jika saat itu kalian sedang turing melintasi jalan yang sepi? Oke, carilah tempat yang nyaman sambil istirahat. Zaman sekarang teknologi sudah canggih. Cobalah ketikkan di internet bengkel yang menyediakan jasa pengantaran aki untuk sepeda motor yang mogok.

Mungkin yang dilakukan planetban.com ini bisa ditiru. Ia membuka layanan pengantaran aki berkualitas untuk sepeda motor yang mogok karena aki rusak. Pelayanan dilakukan untuk wilayah Depok dan sekitarnya.

Nah, kini kalian tahu betapa pentingnya menjaga kualitas aki sepeda motor. (man)

Loading...