Kemenag Anambas Persiapkan 28 Jenis Pelayanan Satu Pintu

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kepala Kemenag Kabupaten Anambas, Dr H Erizal Abdullah mengabarkan jika Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Dr.H.Ali Rokhmad, akan berkunjung ke Anambas untuk peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Ada 28 jenis pelayanan yang akan kita berikan pada masyarakat,” katanya saat menghadiri dalog kerukunan antarumat beragama di Hotel Anambas Inn, Tarempa, pekan lalu.

PTSP Kemenag Anambas bermottokan MOLEK, kependekan dari Mudah Optimal Loyalitas Efektif/Efisien dan Komitmen.

Selain itu, dia menambahkan pada 2020 Kemenag Anambas mendapat bantuan pembangunan gedung yang representatif yaitu pembangunan gedung pelayanan haji umrah terpadu (PLHUT) dari dana SBSN.

Erizal berharap, kehadiran para tokoh agama dalam acara itu bisa meredam jika ada konflik yang terjadi antarumat beragama di Anambas.

Selanjutnya mantan Kakan Kemenag Batam itu mengungkapkan, output dari kegiatan itu bisa menciptakan sebuah desa kerukunan umat beragama di Anambas.

“Insya Allah, Kabupaten Anambas akan kita jadikan sebagai pulau percontohan kerukunan umat beragama. Kita jadikan Kabupaten Anambas yang rukun, aman, damai, dan kondusif,” ucapnya seraya menambahkan jika kerukunan merupakan modal dalam pembangunan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Suryadi SPdI, dalam laporannya mengatakan, kemajemukan dan keanekaragaman agama dan paham keyakinan yang ada di Indonesia merupakan aset berharga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dan pada dasarnya kita sepakat bahwa keharmonisan dalam komunikasi antar dan intern sesama penganut agama adalah tujuan utama dari kerukunan beragama dengan harapan dapat tercipta masyarakat yang bebas dari ancaman kekerasan dan konflik agama,” ujar Suryadi, dilansir dari kepri.kemenag.go.id.

Kegiatan yang diikuti sekitar 35 peserta itu, lanjutnya, bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tugas dan fungsi tokoh umat beragama, serta untuk mewujudkan umat beragama yang hidup toleransi.

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil Kemenag Kepri yang diwakili oleh Kabag Tata Usaha (TU), H.Abu Sufyan SAg MPd mengawali sambutannya dengan menyampaikan salam dari Kakanwil Kemenag Kepri yang tengah mengikuti kegiatan di Jambi.

Abu Sufyan mengungkapkan, pembangunan kerukunan umat beragama merupakan prioritas untuk membangun keharmonisan yang baik antarumat beragama.

“Saya yakin Anambas dapat memberikan kontribusi terbaiknya dalam menjaga kerukunan umat beragama,” ucap Abu Sufyan.

Dialog dibuka oleh Sekda Anambas, Sahtiar SH MM, dengan harapan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tidak hanya mengkoordinir umat beragama. Melainkan juga memberikan masukan dan solusi kepada pemerintah daerah dalam mengantisipasi agar konflik yang mengancam kerukunan umat beragama bisa ditekan dan tidak membesar kemana-mana. (man)

Loading...