Ini Asal Usul Nama Lagoi

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Lagoi! Singkat padat. Sebuah nama wilayah di utara Pulau Bintan, yang kini dikenal dikenal luas hingga ke mancanegara.

Kawasan yang sekitar 25 tahun lalu hanya hutan pesisir, dan nyaris tak tersentuh pembangunan. Kini, berkat manajemen super dari pengelolanya, Lagoi jadi lumbung duit Kabupaten Bintan.

Ratusan miliar rupiah disumbangkan dari Lagoi, yang kini berkembang jadi kawasan wisata internasional. Ratusan ribu pelancong mancanegara rutin berpelisiran ke Lagoi setiap tahunnya.

Hal itu adalah sesuatu yang sudah banyak diketahui orang. Akan tetapi dari mana asal kata Lagoi, tak banyak yang tahu. Bahkan, di mesin pencari super masa kini google.com, tak dijumpai.

Adalah Dedi Arman, Peneliti di Peneliti di Balai Penelitian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Kepulauan Riau, yang akhirnya mengungkap sebutan Lagoi itu. Sebagaimana disampaikannya saat menjawab suarasiber.com, Jumat (8/11/2019).

“Nama Lagoi, ada di dalam buku Hikayat Putri Pandan Berduri,” kata Dedi, yang menulis buku itu bersama seorang rekannya.

Hikayat itu juga dirilis di https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbkepri/potret-orang-suku-laut-di-kabupaten-bintan/.

Dari buku itulah diketahui, bahwa nama Lagoi berkaitan erat dengan kisah Suku Laut. Suku pengembara atau nomaden di lautan, yang dulu hidup di atas perahu.

Dulunya mereka mengembara di seantero lautan di Kepri. Termasuk, di lautan sekitar Malaysia sejak sebelum zaman Kerajaan Melaka di Malaysia ditaklukkan kolonial Portugis sekitar tahun 1511.

Hal itu ditulis di buku Hikayat Putri Pandan Berduri, yang di dalamnya ditemukan kata Lagoi, yakni Batin Lagoi. Batin, ujar Dedi, adalah sebutan untuk pemimpin mereka.

Batin Lagoi di hikayat atau cerita rakyat itu, adalah pemimpin Suku Laut untuk wilayah di Pulau Bintan, dan sekitarnya.

…Alkisah pada zaman dulu di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, hiduplah orang-orang Suku Laut yang dipimpin oleh Batin Lagoi…

Sebutan atau nama Lagoi, ternyata sudah dikenal luas oleh masyarakat, khususnya Suku Laut sejak dulu sekali. Lagoi juga berarti suatu wilayah di sekitar Pulau Bintan, yang dalam kisah Suku Laut dipimpin oleh seorang pemimpin yang disebut Batin.

Wilayah yang luasnya sekitar 23 ribu hektare, dan kini terus berkembang. Meski sebagian wilayah itu hingga kini masih terlantar menjadi hutan. (mat)

Loading...