Ghana Ingin Mencontoh Kehidupan Demokrasi Indonesia

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pemerintah Ghana mengagumi kematangan demokrasi di Indonesia, yang dapat menjadi contoh yang baik dalam kehidupan demokrasi di dunia. Hal ini ingin dijadikan contoh di negara tersebut.

Pengakuan itu terlontar dari Menteri Pertahanan (Menhan) Ghana, Dominic BA Nitiwul kepada Menhan RI H Prabowo Subianto di Kantor Kemenhan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Terkait hal itu, Dominic mengatakan Ghana ingin mencontoh kehidupan demokrasi di Indonesia.

Dikutip dari kemhan.go.id, agenda utama kunjungan kenegaraan Menhan Ghana kepada Menhan RI ialah menjajaki kerja sama di bidang pertahanan. Tiba di Kantor Kemhan, Dominic disambut dengan upacara jajar kehormatan dan Prabowo memperkanalkan para pejabat.

Diantaranya Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono, Sekjen Kemhan Laksdya TNI Agus Setiadji dan beberapa pejabat Kemhan RI.

Menhan Prabowo mengatakan, salah satu potensi yang dapat dikerjasamakan antara Indonesia dan Ghana, adalah kerjasama dalam hal produk – produk industri pertahanan.

Dominic membenarkan hal tersebut. Ghana juga ingin menjajaki kerja sama di bidang industri pertahanan dengan Indonesia. Alasannya, karena Indonesia merupakan contoh negara berkembang yang saat ini memiliki perkembangan industri pertahanan sangat pesat.

Ia pun menyebutkan jika Indonesia dan Ghana memiliki persamaan, yakni sebagai negara pejuang yang pada zaman dahulu berjuang untuk merebut kemerdekaan.

Untuk itu, menurutnya kerja sama di bidang pertahanan antara kedua negara menjadi sangat penting dilakukan. Kerja sama dapat dimulai dari bidang pendidikan dan latihan melalui pertukaran siswa dan kerja sama antarlembaga pendidikan militer. (man)

Loading...