Festival Bahari Kepri 5 – 10 November, Rugi Nggak Lihat

Loading...

Pemprov juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Pariwisata. Juga dukungan dari sektor-sektor swasta, sanggar-sanggar serta pelaku-pelaku seni dan budaya, pelaku industri kecil dan menengah juga dari unsur masyarakat.

Pemerintah, katanya, akan mendorong sektor pariwisata dengan kebijakan-kebijakan strategi pembangunan pariwisata yang baik. Sebagai salah satu sektor unggulan Provinsi Kepulauan Riau, agar bersama-sama memajukan sektor pariwisata yang juga sebagai bagian dari backbone perekonomian masyarakat dengan turut serta menyukseskan dan mempromosikan beragam kegiatan wisata.

“Dengan kebijakan yang kita ambil, mari gali destinasi destinasi wisata baru yang ada,” imbaunya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Bidang Menejamen Calender Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Esthy Reko Astuti mengatakan beberapa point untuk kategori yang masuk kuota event nasional terbaik.

Yang dilihat ialah bagaimana kreativitas penyelenggara dari tahun ke tahun, bagaimana menyerap konten atau kearifan lokal disampinga bagaimana perencanaan promosi. Tak ketinggalan dampak komersilnya dan komitmen para pimpinan daerah.

Ke depan, Esthy menyampaikan, akan mendorong Kepri menjadi destinasi wisatawan yang lengkap dan terbaik. Juga bisa mendatangkan wisatawan mencapai 3,6 sampai 4juta pengunjung.

“Kepri ini ada semuanya, dari gunung sampai laut bisa dijadikan wisata. Untuk itu Kepri kita berikan kuota kenaikan kunjungan wisatawan sangat tinggi,” ungkap Esthy.

Kepala Dinas Pariwisata Buralimar melaporkan Festival Bahari Kepri pada tahun 2019 masih masuk calender of event nasional. Tapi pada tahun 2020 tidak masuk lagi digantikan Festival Penyengat, Festival Kenduri Seni Melayu, Iron Man 70.3 Bintan, Bintan Triathlon dan Tour de Bintan.

“Pada tahun 2018 terdapat tujuh event, sampai pada tahun 2019 menjadi berkurang dan tahun 2020 menjadi 5 event saja. Mohon menjadikan perhatian Kementerian Pariwisata ke depan. Semoga kita tetap bisa melaksanakan event ini dan ususlan usulan event mendatang,” kata Buralimar.

Penonton Festival Bahari Kepri akan disuguhi parade yacht di lautan dan beragam atraksi wisata menarik. Festival bakal berakhir 10 November 2019.

Malam pembukaan juga disejelankan dengan pemutaran video dan launcing Sensus Penduduk 2020 dan saling berbagi cinderamata antara Plt Gubkepri dan kepala BPS Kepri.

Lalu kemeriahan dipertontonkan dengan tarian yang disaksikan yachter dari Norwegia, Amerika Serikat, Swedia, Australia, Swiss, Skotlandia, Inggris dan Perancis. (man)

Loading...