Wali Kota Tanjungpinang Promosikan Dragon Boat Race di TV Nasional

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pemkot Tanjungpinang kian gencar mempromosikan Tanjungpinang International Dragon Boat Race (IDBR) yang akan dilaksanakan 25 – 27 Oktober 2019 di Sungai Carang.

Wali Kota Tanjungpinang H SYahrul SPd pun melakukan wawancara di Studio MNC News di Jakarta Pusat, Rabu (2/1/0/2019).

Dalam talkshow yang disiarkan secara langsung itu, Wali Kota Tanjungpinang menjelaskan sekilas tentang perjalanan IDBR dan harapan ke depan pada pelaksanaan event bertaraf internasional di kota Tanjungpinang ini.

Secara singkat, Syahrul menceritakan tentang sejarah lomba perahu naga yang telah menjadi agenda rutin tahunan di Kota Tanjungpinang. Dia menjelaskan, Dragon Boat Race adalah salah satu perlombaannya yang sangat menegangkan, mengandalkan kekuatan dan kecepatan mendayung perahu naga, kekompakan dalam sebuah tim juga sangat diperlukan dalam perlombaan.

Lomba perahu naga ini, lanjut Syahrul, memang diangkat dan dikembangkan dari tradisi ritual masyarakat Tionghoa di Tanjungpinang yaitu Sembahyang Keselamatan Laut. Tradisi ritual ini sudah dilaksanakan oleh masyarakat Tionghoa sejak 1950-an. Dan dilakukan setiap tanggal 5, bulan 5 pada penanggalan Cina. Lalu pada akhirnya, di tahun 1992 Kabupaten Kepri mengagendakan event ini. Di tahun 2001 Kota Tanjungpinang yang sudah berbentuk daerah otonom mengambil alih event ini.

“Pengambilan event ini tentu bukan sembarangan, antusias yang menggema dari masyarakat Tanjungpinang untuk menyaksikan perlombaan perahu naga ini menjadi salah satu alasan,” tambah dia.

Tahun ini, IDBR sudah memasuki gelaran yang ke-18 kalinya. Dalam event IDBR ini, para peserta akan memperebutkan piala bergilir Gubernur Kepri dan Piala Tetap Wali Kota Tanjungpinang. Total hadiah yang disediakan sebesar Rp196 juta.

Seperti namanya, event ini sudah berskala internasional. Setiap penyelenggaraannya selalu melibatkan peserta dari dalam maupun luar negeri. Dan tahun ini kembali ada beberapa negara yang ambil andil dalam perlombaan perahu naga ini.

Melalui event ini Pemerintah Kota Tanjungpinang berharap, kunjungan wisatawan mancanegara dapat bertambah. Bukan hanya untuk datang sekali ke Tanjungpinang, namun sering untuk kembali ke Tanjungpinang.

“Harapannya event IDBR semakin mendunia, sehingga peserta terus bertambah setiap tahunnya,” harapan Syahrul. (mat)

Loading...