Mahasiswa Poltekkes Tanjungpinang Praktikum Lapangan ke TPA Sei Enam

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Mahasiswa semester tiga Poltekkes Tanjugpinang melaksanakan praktikum lapangan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sei Enam, Dinas LIngkungan Hidup Kabupaten Bintan, belum lama ini. Mereka belajar tentang pengolahan sampah.

ariyantono hedi
Kepala UPTD Pengelolaan Sampah TPA Sei Enam, Ariyantono Hedi ST (tengah berkacamata) menyambut kedatangan rombongan mahasiswa Poltekkes Tanjugpinang. Foto – man/suarasiber

Kepala UPTD Pengelolaan Sampah TPA Sei Enam, Ariyantono Hedi ST menyambut kedatangan mahasiswa. Menurut Ari, panggilan Ariyantono Hedi, kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahun. Dan pada hari itu adalah kunjungan ke-4 kalinya.

“Insya Allah akan segera dibuatkan nota kesepahaman atau MoU antara Poltekkes Tanjungpinang dan Pemkab Bintan melalui Dinas Lingkungan Hidup,” jelas Ari kepada suarasiber.

Koordinator Satgas TPA Sei Enam, Slamet Riyadi menjelaskan proses pengolahan dari awal hingga akhir. Foto – man/suarasiber

Rombongan yang terdiri dari 40 mahasiswa didampingi 4 dosen kemudian mendapatkan pemaparan dari Koordinator Satgas TPA Sei Enam, Slamet Riyadi. Slamet menjelaskan secara rinci, tahap demi tahap bagaimana mengolah sampah organik menjadi kompos. Mahasiswa serius mendegarkan dan mencatat penjelasan tersebut.

Para mahasiswa belajar mengenai mengenai proses air lindi/leachate sebagai air dari sampah di landfill yang diolah sedemikian rupa sehingga air yang ke tanah di TPA Sei Enam tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

Sementara Kepala Program Studi Kesehatan Lingkungan Poltekkes Tanjungpinang, Hevi Horiza MSi mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

tpa sei enam
TPA Sei Enam Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bintan difoto dari drone. Foto – dlh bintan

“Kami mendapatkan banyak ilmu tentang pengolahan sampah. Bagaimana sampah dipilah, diolah di kolam lindi sampai pengawasan air lindinya. Tentu akan meningkatkan kompetensi, selain ilmu yang diperoleh di kampus,” terangnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama. (man)

Loading...