Jangan Lupa! 25 Agustus Ironman 70.3 Bintan 2019 di Lagoi

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Beberapa atlet triathlon amatir terbaik di Asia akan berjuang memerebutkan posisi terbaik pada Ironman 70.3 Bintan 2019 yang berlangsung, Ahad (25/8/2019). Mereka akan mengamankan posisi untuk slot kejuaraan dunia Ironman di Taupo, Selandia Baru.

Ribuan orang dari puluhan negara akan memadati acara ini. Didukung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, acara ini akan mencetak rekor jumlah pengunjung internasional terbanyak.

Jumlahnya mewakili 87 persen dari jumlah peserta pada tahun 2019. Sementara pada tahun 2018 tercatat 86 persen, dan tahun 2017 sebesar 82 persen.

Namun tidak semua peserta bakal berlomba untuk mengamankan seluruh slot kualifikasi kejuaraan dunia. Sebagian dari mereka bahkan ada yang mengamankan satu slot, misalnya hanya menyelesaikan renang 1,9 kilometer yang melelahkan atau bersedepa 90 kilometer. Juga lari 21,1 kilometer dalam waktu 8 jam 30 menit. Tercatat 26 persen peserta adalah pemula.

Rangkaian lomba akan dimulai pukul 06.00 WIB saat sinar matahari memutihkan pasir pantai Plaza Lagoi, Lagoi Bay di Bintan resort.

Diantara peserta wanita ialah Choo Ling Er dari Singapura, juara kelompok usia Asia Pasifik tiga kali. tak ketinggalan pemegang rekor Ironman Singapura dan Australia Jac Crofton yang lolos ke Ironman World Championship tahun ini keempat kalinya.

Sementara atlet putra ada Brandon Vesty dari Kiwi, mantan pengendara sepeda profesional dan James Shapcott.

Penyelenggara perlombaan MetaSport, bertekad untuk menjadikan acara ini lebih baik dari sebelumnya. Salah satu perubahan utama adalah permulaan renang bergulir, yang terdiri dari pelepasan atlet dalam empat kelompok setiap enam detik, menggantikan masa start sebelumnya.

Peningkatan kedua bertujuan untuk membuat rute lari lebih dingin karena diperkirakan akan adanya guyuran hujan
yang menyegarkan secara berkala sepanjang rute.

Anak-anak lokal dan internasional akan memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari aksi Ironkids sepanjang 1,5 ki,ometer pada Sabtu sore.

“”Kami melibatkan anak-anak untuk mendorong gaya hidup sehat dan capaianj prestasi,” kata CEO MetaSport, Nathalie Marquet.

Pesan tersebut, ujar Nathalie, ditekankan oleh sponsor yakni Indofood. Perusahaan ini mendukung olahraga sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran, selain diet yang seimbang. Tahun ini adalah peran serta Indofood di Ironman Bintan 70.3 yang keempat kalinya secara berturut-turut.
 
Peserta dan penonton bisa mendapatkan produk Indomie, Indomilk dan Club Water. Club Water akan disajikan di stasiun minuman di lapangan untuk memastikan atlet tetap terhidrasi dengan baik. (mat)

Loading...