Belajar Bersyukur dari Siswa SLB Negeri 2 Tanjungpinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Seperti tersayat hati ini melihat salah satu alumni Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Tanjungpinang membacakan karya puisinya dalam acara Sehari Penuh Kasih Bersama GenBI Kepri.

genbi di slb tanjungpinang 2
Kevin, mantan siswa SLB Negeri 2 Tanjungpinang yang kini kuliah di UMRAH. Foto – genbi

Kegiatan diselenggarakan oleh Generasi Baru Indonesia Kepulauan Riau (GenBI Kepri) di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Tanjungpinang yang berlokasi di Jalan Senggarang kilometer 18, Sabtu (24/08/2019).

Meskipun terbata-bata, bak sihir yang mampu mengubah sesuatu dengan sekejap mata, begitu juga dengan Kevin yang mampu membuat mata kami menjadi berkaca-kaca bahkan sampai tumpah, mengalir membasahi pipi.

Dalam puisinya, Kevin berpesan kepada generasi muda untuk terus berkembang dan jangan pernah menyerah dalam hal apapun, terutama ketika kita mempunyai mimpi.

Seperti halnya Kevin, berkat niat, usaha dan doanya mimpinya menjadi seorang mahasiswa terwujud. Kini ia sedang mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan di Universitas Maritim Raja Ali Haji jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Selain itu, ternyata Kevin juga pernah mendapatkan juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi dalam Festival Literasi Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus yang digelar di Pekanbaru, Riau, 4 – 7 April 2017 lalu.

Ini merupakan wujud nyata keberhasilan atas tekad dan keyakinan Kevin dalam meraih cita-citanya. Bukankah ini prestasi yang sangat membanggakan?

Baginya, keterbatasan diri bukan menjadi penghalang ia untuk mencetak prestasi.

Salah satu anggota GenBI Kepri mengaku kagum terhadap adik-adik di SLB Negeri 2 Tanjungpinang. Bahkan ia merasa malu terhadap diri sendiri karena sering mengeluh bahkan tak jarang menjadikan keterbatasan sebagai penghalang dalam melakukan sesuatu.

“Saya banyak belajar dari adik-adik di sini. Terutama arti bersyukur dan pantang menyerah. Senang rasanya bisa berbagi cerita, senyum dan juga tawa kepada mereka,” tutur anggota GenBI Kepri yang tidak ingin disebutkan namanya ini kepada wartawan Suarasiber.

Untuk mencairkan suasana dan menghibur adik-adik SLB , GenBI Kepri mengajak seluruh siswa SLB yang saat itu didampingi oleh orangtua mereka masing-masing menyanyikan lagu “Jangan Menyerah” dari band D’Masiv.

Tidak hanya itu, GenBI Kepri juga memberikan edukasi mengenai Ciri Keaslian Uang Rupiah, pelatihan pembuatan kreasi gelang dari tali serta story telling.

genbi di slb tanjungpinang 1
Foto bersama dalam suasana akrab. Banyak yang bisa jadi bahan pembelajaran di sekolah ini. Foto – genbi

Kepala Sekolah SLB Negeri 2 Tanjungpinang, Zulkifli mengucapkan terima kasih kepada GenBI Kepri karena sudah bersedia menyempatkan waktunya untuk berkunjung dan memberikan perhatian serta motivasi kepada siswa-siswi yang ada di SLB Negeri 2 Tanjungpinang.

Zulkifli juga berpesan kepada generasi muda untuk dapat berkreasi dan berkaryalah demi negeri ini.

“Jika suatu saat nanti kalian diberikan kesempatan menjadi seorang guru, maka mendidiklah dengan hati nurani, penuh kesabaran dan keikhlasan tanpa memandang imbalan,” pesannya.

Sederhana namun sarat makna dan arti. (silha)

Loading...