Bupati Lingga Lantik Direktur BUMD

Loading...

LINGGA (suarasiber) – Kamis, 18 April 2019, Bupati Lingga resmi melantik Risalasih, SP sebagai Direktur BUMD dari hasil seleksi terbuka yang dilaksanakan pada 2018 lalu, untuk menjabat selama masa periode 2019 hingga 2024.

Acara yang digelar di Gedung Nasional Dabo Singkep ini dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Asisten Administrasi, Perwakilan dari Lanal Dabo Singkep, Perwakilan dari Bulog Kabupaten Lingga, Perwakilan dari Polres Lingga, Para Pengusaha, Tokoh Masyarakat Singkep dan juga para awak media.

Sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 54 tahun 2017, bahwa badan usaha milik daerah atau BUMD adalah badan usaha yang didirikan oleh pemerintah daerah yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah, yang salah satu tugasnya adalah membantu pemerintah daerah menggali dan memanfaatkan sumber-sumber ekonomis di daerah untuk menambah pendapatan asli daerah yang selanjutnya dipergunakan untuk kepentingan pemerintah serta untuk mensejahterakan masyarakat.

Pada akhir tahun 2017, terjadi kekosongan pejabat direktur dan komisaris pada BUMD Kabupaten Lingga yang bernama PT.Pembangunan Selingsing Mandiri ini. Untuk mengatasi kekosongan tersebut, maka pada tahun 2018, pemkab Lingga menunjuk Badoar Herry sebagai Pelaksana Tugas Direktur BUMD yang saat itu juga menjabat sebagai Kepala Bagian Perekonomian di Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga.

Bupati Lingga Alias Wello dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sesuai dengan petunjuk dari peraturan pemerintah nomor 54 tahun 2017 dan peraturan menteri dalam negeri nomor 37 tahun 2018, maka pada akhir tahun 2018 dilaksanakanlah seleksi terhadap beberapa calon direktur dan komisaris BUMD Kabupaten Lingga yang prosesnya melalui beberapa tahapan tes dan seleksi.

Kemudian ia menjelaskan, tahapan-tahapan dan seleksi tersebut dimulai dari Seleksi Administrasi, kemudian dilanjutkan dengan Uji Kelayakan dan Kepatutan. Selanjutnya Asesment oleh lembaga profesional, dan proses terakhirnya ialah wawancara oleh Bupati Lingga beserta panitia seleksi dan tim penguji.

“Setelah melalui serangkaian tes dan wawancara tersebut, maka kita peroleh satu (1) orang Direktur baru yang sudah ditetapkan dan sudah diresmikan dengan pelantikan. Direktur terpilih tersebut adalah Sdr. Risalasih, SP,” kata Wello.

Bupati berharap BUMD bisa mengembangkan sayap dan mampu meraih profit lebih besar untuk masa yang akan datang. Namun demikian, diminta selalu berkoordinasi kepada pemerintah daerah dalam semua hal, terutama yang berkaitan dengan rencana kerja. Kemudian tidak lupa meloporkan hasil kerjanya kepada pemerintah daerah sebagai acuan untuk evaluasi ke depan. (mat)

Loading...