Pelabuhan Pelni Tarempa Dibersihkan dari Sampah

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Pelabuhan Pelni Tarempa menjadi lokasi peringatan hari Peduli Sampah Nasional, 21 Februari 2019. Polres Anambas dan jajarannya beserta sejumlah elemen masyarakat bergotong royong membersihkan sampah di pelabuhan ini.

Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Junoto yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan bahwa sampah menjadi perhatian nasional. “Akibat sampah sejumlah daerah mengalami bencana,” Junoto mengingatkan.

Ditambahkan dia, sampah terkadang bisa menjadi lawan dan bisa juga menjadi kawan. Sampah yang jumlahnya sedikit bisa dimanfaatkan, sebaliknya kalau banyak bisa menjadikan bencana.

Khususnya warga Anambas, kebersihan lingkungan harus ditingkatkan dan kegiatan ini seyogyanya dapat meningkatkan kepedulian masyarakat tentang lingkungan sekitar,” harapan Junoto.

Baca Juga:

Hari Peduli Sampah, Pejabat Tanjungpinang Ramai-ramai ke TPA

Pembagian Keuangan Akan Lebih Menguntungkan Daerah Kepulauan

Untuk memulainya, harus dari diri sendiri. Dan itu tak harus menunggu momen tertentu. Kalau bisa dilakukan sekarang, tak perlu lagi harus ditunda. “Perlu diberikan jaminan kebersihan lingkungan kepada wisatawan dan rasa kesadaran diri sendiri itu juga penting,” tegas Kapolres.

Usai upacara dilaksanakan aksi bersih sampah yang melibatkan instansi dan masyarakat. Lokasinya dibagi 3 zona, yakni Zona A di Desa Sri Tanjung, Zona B di Pelabuhan Tarempa dan Zona C di seputaran Pantai Tanjungmomong Desa Tarempa Timur.

“Kegiatan kebersihan selama dua jam. Setiap regu harus bisa terfokus, ada tiga kapal disiapkan mengangkut sampah dari laut,” jelas Junoto. (hs)

Loading...