Bupati Ingatkan agar #GISA Membahagiakan Rakyat

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Bintan, Ismail, mewakili Bupati Bintan Apri Sujadi membuka Sosialisasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun Anggaran 2018 oleh Disdukcapil Bintan di Hotel Aston, Tanjungpinang, Kamis (6/9/2018).

Di depan tamu undangan dan peserta sosialisasi, Ismail mengatakan sesuai aturan yang berlaku, data kependudukan dimanfaatkan untuk pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi dan penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

Sosialisasi menghadirkan narasumber dari pusat. F-istimewa

Tak lupa, mantan Kadisdik Bintan ini pun menyegarkan ingatan semua yang hadir akan pentingnya Gerakan Indonesia Sadar Adminduk atau disingkat #GISA.

#GISA adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Kesadaran tersebut ditunjukkan dengan 4 hal, yakni kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat.

Gerakan ini dilaunching mendagri Tjahjo Kumolo bersama Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, Gubernur Kepri Nurdin Basirun, dan Walikota Batam Muhammad Rudi, serta disaksikan oleh lebih dari 1.600 pejabat yang membidangi Adminduk dari provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia, saat Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas Dukcapil) Tahun 2018 di Hotel Harmoni One & Convention Center Batam, 2 Agustus 2018 silam.

Peserta sosialisasi mengikuti dengan seksama pemaparan tentang kependudukan yang disampaikan narasumber. F-istimewa

“Bupati melalui Disdukcapil dapat memberikan hak akses kepada lembaga-lembaga yang membutuhkan data kependudukan untuk mendukung tugas dan fungsinya melalui perjanjian kerja sama,” ungkap Ismail.

Menurut Ismail, semakin banyak lembaga menggunakan data penduduk, akan menciptakan pelayanan publik yang semakin tertata, efisien dan efektif demi tercapainya tujuan membahagiakan masyarakat.

Ia pun melihat pelaksanaan perekaman e-KTP di Kabupaten Bintan sudah baik, untuk itulah pada kesempatan ini dilaksanakan sosialisasi guna peningkatan SDM-nya.

Acara Sosialisasi yang dimoderatori Budiana SSos ini diikuti aparatur pengelola data kependudukan di lingkungan Pemkab Bintan dan dihadiri pejabat OPD lainnya, camat dan lurah serta kepala desa se-Bintan. Dari Kemendagri datang Direktur Pendaftaran Penduduk Dirjen Dukcapil. (mat)

Loading...