Usulan Tak Direspon, Disdukcapil Jadi Sasaran Kekesalan Warga

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Urusan kependudukan, Disdukcapil adalah kantor yang selalu ramai oleh warga. Sayangnya, warga Bintan mengeluhkan pelayanan di kantor pelat merah ini. Apa yang sebenarnya terjadi?

Anggota Komisi I DPRD Bintan, Hasriawadi atau akrab dipanggil Gentong, mengecek langsung ke Disdukcapil Bintan. Hasilnya, “Sebenarnya, pelayanan sudah maksimal, dari staf pegawai sampai dengan Kasi, Kabag maupun Kadis. Tapi, terkendala dengan fasilitas,” katanya, Selasa (5/6/2018).

Pejabat dan pegawai Disdukcapil Bintan menurut Hasriawadi sudah turun tangan, melayani masyarakat. Tetapi situasi dan fasilitas pelayanan tidak memadai. Tidak memadai itu, lanjut Hasriawadi, ada di kantornya yang tidak refresentatif, peralatan untuk pelayanan administrasi juga tidak menunjang.

Dengan kondisi seperti itu, pejabat dan pegawai Disdukcapil selalu menjadi sasaran dan disalahkan oleh warga.

Sebenarnya, Disdukcapil Bintan sudah beberapa kali mengajukan program dan penyediaan perlengkapan, untuk percepatan layanan itu.

“Kadis sudah sering memaparkan kekurangan dan kendala ini, agar dianggarkan. Tapi, selalu tidak direspon usulan dari Disdukcapil ini,” kata Hasriawadi.

Kekesalan bukan hanya dirasakan warga biasa. Seorang Ketua RT, Aidon Kasmir juga mengeluhkan pelayanan Disdukcapil Bintan kepada Hasriawadi. Dan setelah turun langsung ke lokasi, Hasriawadi bisa memberikan jawaban kepada warga. (mat)

Loading...