Aneh, 12 Ton Kabel Optik Bawah Laut yang Dicuri Tak Ada Pemiliknya

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Badan Keamanan Laut (Bakamla) sudah menangkap 12 ton (sebelumnya disebut 5 ton) kabel serat optik, Sabtu (26/5/2018) di perairan Berakit, Bintan. Pelakunya juga sudah ditangkap.

Akan tetapi siapa pemilik kabel itu masih jadi tanda tanya. Begitu juga apa wujud kerugian selain materil, sebagai akibat dari pencurian kabel itu.

Pemprov Kepri sendiri tidak mengetahui kejelasan pemasangan kabel optik di wilayahnya. Apalagi siapa atau perusahaan mana yang memasang kabel optik di perairan Provinsi Kepri.

“Tidak ada koordinasi ke Pemprov. Informasi yang saya ketahui mereka (pemilik) langsung ke pusat (kementerian terkait),” kata Kadis Infokom Kepri Zuhendri menjawab suarasiber.com, Rabu (30/5/2018).

Karena tidak berkordinasi atau memberitahukan ke Pemprov, maka Pemprov Kepri juga tidak tahu menahu soal kerugian akibat pencurian kabel itu.

Dari siaran pers terakhir dari Bakamla dua hari yang lalu juga tidak menyebutkan siapa pemilik jaringan kabel yang dipotong tersebut. Namun dipastikan Bakamla akan mencari tahu siapa pemiliknya.

Disebutkan dalam rilisnya, Bakamla akan bekerja sama dengan Kemenkominfo, Pushidrosal, dan Asosiasi Jaringan Kabel untuk mendalami pemilik kabel optic curian tersebut. (mat)

Loading...